Covid-19 Merajalela di Shanghai, Rekor Baru: Sehari 25.701 Kasus

Covid-19 Merajalela di Shanghai, Rekor Baru: Sehari 25.701 Kasus

Pusat keuangan China telah melihat kasus tumbuh dengan cepat sejak penguncian diberlakukan pada 28 Maret yang kini telah meluas ke seluruh kota. 

Langkah ini dilakukan setelah munculnya 2 kasus warganya positif Covid-19. Sementara 1 warga lainnya tanpa gejala.

Guangzhou, yang menjadi tuan rumah salah satu pelabuhan peti kemas top di China juga melakukan pengujian massal pada Desember lalu setelah seorang pekerja awak penerbangan kargo dinyatakan positif.

Terminal Yantian di pelabuhan Shenzhen di Cina selatan juga akan menghentikan pengumpulan dan pengiriman peti kemas di semua tempat berlabuh.   

Pemberlakuannya hanya sementara, selama sekitar 2 jam pada hari Minggu untuk memelihara perkembangan wabah. 

Sementara itu, Departemen Luar Negeri AS telah mengizinkan keberangkatan sukarela staf non-darurat konsulat Shanghai serta anggota keluarga staf. 

Kota berpenduduk 25 juta itu berjuang untuk menyediakan bahan makanan pokok dan perawatan medis bagi keluarga yang telah dikurung di rumah. 

Terutama bagi warga yang lebih dari seminggu. Kondisi ini yang ternyata memicu meningkatnya ketidakpuasan publik.

Pemerintah kota sedang mencoba untuk mendapatkan lebih banyak kurir kembali ke jalan-jalan dan membuka kembali supermarket.

Perusahaan e-commerce JD.com menyebut telah memperoleh lisensi untuk mengirimkan barang ke Shanghai, memicu pembeli terburu-buru ke platformnya.

Mr Zong mengakui pada konferensi pers bahwa pihak berwenang belum memenuhi harapan publik dalam penanganan mereka terhadap situasi tersebut.

”Kami merasakan hal yang sama tentang masalah yang diangkat dan disuarakan semua orang,” katanya.   

”Banyak pekerjaan kami yang belum cukup, dan masih ada kesenjangan besar dari harapan semua orang. Kami akan melakukan yang terbaik untuk meningkatkan,” imbuh Zong.  

Wakil Direktur Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Beijing, Dr Pang Xinghuo kepada wartawan mengatakan, Pemerintah Kota Beijing menempatkan area berisiko tinggi setelah 8 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dalam dua minggu terakhir. (dnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: