SKK Migas-PetroChina Berikan Pemahaman Kepada Masyarakat Tentang Aset BMN KKKS

Jumat 18-10-2024,16:17 WIB
Reporter : Maulana
Editor : Setya Novanto

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Sosialisasi kepada masyarakat tentang aset Barang Milik Negara (BMN) yang dikelola KKKS PetroChina dan Penyelesaian Okupasi Aset Barang Milik Negara Oleh Pihak Lain, digelar SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd, di Kantor Koramil 419-05/Geragai, Kamis (17/10) pagi.

Ketua Panitia Pelaksana, Fauzan Ibrahim, mengatakan, bahwa PetroChina International Jabung Ltd sebagai salah satu KKKS yang berada dibawah regulasi dan pengawasan SKK Migas yang mempunyai target produksi Minyak dan Gas pada tahun 2025, yaitu melalui program penambahan sumur-sumur baru di beberapa lokasi, baik yang lama maupun dilokasi yang baru.

"Tentu didalam persiapan program ini banyak kendala-kendala yang ditemui salah satunya adalah penguasaan lahan BMN oleh masyarakat atau pihak lainnya untuk dijadikan ladang atau lahan pertanian atau tempat tinggal," sebutnya.

"Inilah yang menjadi konsen kami dalam menyelenggrakan sosialisasi ini, agar masyarakat melalui para Kades atau Lurah dan Camatnya dapat mengetahui bahwa lahan yang mereka pergunakan atau mereka kuasai adalah tanah milik negara," sambungnya.

Maka dari itu, pada sosialisasi ini SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd mengundang 2 narasumber, yakni Ibu Dr. Purnama T Sianturi, SH., MH, Direktur Pengelolaan Barang Milik Negara Direktorat Jendral Kekayaan Negara Kementerian Keuangan RI. KPKNL Jambi dan AKBP Sulaiman, Kasubid VIP Dir Pam Obvit Polda Jambi.

Menurutnya, dari tahun 2021 sampai dengan 2024 pihaknya telah mencatat beberapa permasalahan yang terjadi terhadap lahan BMN ini, dalam kurun waktu tersebut tim internal SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd  telah berhasil menyelesaikan 31 kasus okupasi tanah BMN baik oleh oknum masyarakat maupun oleh pihak lain dengan pendekatan humanis dan mediasi.

"Ini adalah tantangan kami kedepan bagaimana permasalahan ini dapat diminimalisir dan tidak terjadi lagi," harapnya.

Terpisah, Dr. Purnama T Sianturi, SH., MH dalam wawancaranya menyampaikan apresiasinya kepada SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd yang menggelar sosialisasi ini dengan tujuan memberikan pemahaman apa itu Barang Milik Negara KKKS kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa sebagai penyambung lidah untuk disampaikan kepada masyarakatnya.

"Ini juga merupakan langkah Pemerintah Pusat untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat agar mereka memiliki pemahaman yang baik tentang aset atau Barang Milik Negara yang dikelola KKKS," ungkapnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat, bahwa setiap orang atau anggota masyarakat harus ikut dan turut serta bersinergi dengan Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat untuk bersama-sama dalam menjaga dan mengamankan aset Barang Milik Negara. 

"Semoga dengan adanya sosialisasi ini dan materi yang diberikan, masyarakat bisa memahami tentang kepemilikan Asset yang dikelola KKKS dan apa itu Barang Milik Negara yang seharusnya kita jaga bersama-sama," tutupnya.(lan)

Kategori :