Kota Jambi Sudah Butuh Flyover, Berikut Perbedaan Flyover, Overpass dan Underpass

Minggu 03-09-2023,12:58 WIB
Editor : Setya Novanto

Underpass adalah struktur jalan atau jalan bawah tanah yang memungkinkan lalu lintas melewati di bawah jalur lain, seperti jalan raya atau rel kereta api. 

Underpass diciptakan untuk mengatasi persilangan antara aliran lalu lintas yang berbeda dan membantu menghindari konflik yang mungkin terjadi di permukaan jalan.  

Dengan kata lain, underpass adalah jalan yang terletak di bawah permukaan tanah atau jalur lain, yang memungkinkan kendaraan atau pejalan kaki untuk melintas di bawahnya tanpa harus berinteraksi dengan aliran lalu lintas di atasnya. 

Underpass umumnya digunakan dalam pembangunan jalan tol, jalan raya, atau sistem transportasi perkotaan untuk mengoptimalkan arus lalu lintas dan meningkatkan keselamatan di persimpangan yang sibuk.

Kegunaan Flyover dan Underpass

Flyover dan underpass memiliki kegunaan yang berbeda dalam sistem transportasi:

Flyover

Flyover adalah jalan layang yang melewati di atas jalur lain, seperti jalan raya atau persimpangan. Kegunaan utamanya meliputi:

Mengatasi Kemacetan

Flyover membantu mengurangi kemacetan di persimpangan yang padat, dengan memungkinkan kendaraan melewati tanpa berhenti di lampu lalu lintas.

Mempercepat Perjalanan

Kendaraan dapat melintas dengan lebih cepat, karena tidak ada persilangan atau antrian di persimpangan.

Memisahkan Aliran Lalu Lintas

Flyover memungkinkan aliran lalu lintas yang berbeda untuk tidak bersilangan, mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan efisiensi.

Mengatasi Kondisi Geografis

Flyover membantu melewati hambatan seperti sungai atau rel kereta tanpa mengganggu jalur di permukaan.

Kategori :