Kota Jambi Sudah Butuh Flyover, Berikut Perbedaan Flyover, Overpass dan Underpass

Minggu 03-09-2023,12:58 WIB
Editor : Setya Novanto

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Sebagai Ibukota Provinsi Jambi, Kota Jambi butuh penanganan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas.

Semakin metropolisnya Kota Jambi, saat ini sering terjadi kemacetan terutama di kawasan Simpang Mayang.

Untuk mengatasi kemacetan ini, warga Kota Jambi mengharapkan Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemkot Jambi untuk segera merealisasikan jalan flyover dari Tugu Juang hingga Kawasan Nusa Indah, Kota Jambi.

"Mumpung saat ini JBC atau Jambi Bussines Center belum jadi, sebaiknya Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemkot Jambi segera kolaborasi menghadirkan flyover. Soalnya nanti jika beroperasi pasti akan lebih macet lagi,''üjar Ferry, salah seorang warga Jambi.

Ferry lebih lanjutkan mengatakan, perencanaan tata kota bukan hanya 5 tahun atau 10 tahun. Minimal harus sudah dipikirkan 50 tahun, apa iya nunggu sudah macet sekali baru muncul flyover. Ingat Provinsi di Sumatera ini hanya Jambi yang belum punya flyover,"jelasnya kepada Jambi Ekspres.

Hal yang sama juga diungkapkan Iman, warga Telanaipura, Kota Jambi menurutnya Kota Jambi saat ini sudah butuh flyover untuk mengatasi kemacetan terutama di kawasan Simpang Mayang.

"Kalau sudah weekend atau hari kerja terutama Senin pasti macet. Apalagi tak lama lagi jalan tol hadir di Provinsi Jambi tentu bakal banyak datang orang dari luar Jambi. Dan itu harus cepat diantisipasi,"ungkapnya.

Perbedaan Flyover, Overpass dan Underpass

Meskipun sering kali digunakan secara bergantian, pengembangan infrastruktur perkotaan tentang konsep flyover, underpass, dan overpasss ebenarnya memiliki perbedaan signifikan dalam peran dan desainnya. 

Yuk, simak informasi seputar perbedaan flyover, overpass, dan underpass di artikel berikut!

Mengenal Flyover dan Overpass

Kedua istilah, Overpass dan Flyover, memiliki makna yang identik, yakni jalur yang terletak di atas jalan, atau dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), dikenal sebagai jalur layang. 

Hanya saja, Overpass merupakan istilah yang umum digunakan di Amerika Serikat, sementara Flyover berasal dari penggunaan di Inggris.

Jadi, apabila Anda menemukan istilah "overpass" atau "flyover" dalam berita, baik dalam media cetak, digital, atau televisi, sesungguhnya keduanya mengacu pada konsep yang sama, yaitu jalan yang berada di atas dan sering disebut sebagai jalan layang.

Mengenal Underpass 

Kategori :