Menelusuri Jejak Sejarah dan Raritas Nilainya: Jenis Uang Kuno yang Paling Banyak Dicari

Minggu 04-06-2023,11:07 WIB
Reporter : Ary Hardianah
Editor : Setya Novanto

JAMBIEKSPRES.CO.ID- Uang Kuno menjadi hal yang paling banyak dicari akhir-akhir ini, karena popularitasnya yang mampu menghasilkan jutaan rupiah hanya dengan menjual satu dari uang Kuno yang dimiliki, belum lagi Investasi ini tampak menjanjikan dalam waktu singkat dan jelas memberi pundi-pundi rupiah yang nyata.

Namun, tidak semua uang kuno masuk dalam kategori yang bisa dijual, karena uang kuno sendiri memiliki faktor yang menyebabkan uang kuno itu mahal seperti kelangkaan, permintaan di pasar, desain yang unik dan banyak lainnya. Oleh karena itu, uang kuno apa saja yang memiliki nilai jual tinggi:

1. Koin Kuno

Koin kuno yang langka dan jarang ditemukan seperi koin dari zaman romawi kuno, koin – koin kuno dari jaman Yunani, atau oin – koin kuno dari zaman mesir biasanya koin yang paring sering diincar oleh kolektor dan satu koin bisa bernilai fantastis jika dimiliki.

2. Uang Kertas Kuno

Uang kertas dari masa colonial atau masa pemerintahan yang sudah berkahir juga menjadi uang yang sering dicari oleh para kolektor. Misalnya, uang kertas kuno dari zaman penjajahan belanda di Indonesia atau uang kertas dari zaman republik Weimar di jerman.

3. Uang Kuno Nasional

Uang kuno dari negera – negera tertenu yang memiliki desain unik dan nilai sejarah yang tinggi juga memiliki minat yang banyak di pasar. Contoh di Indonesia sendiri adanya uang “Seratus Soekarno” dan uang kertas “Seribu Surat” yang banyak dicari dan merupakan uang kuno nasional Indonesia.

4. Uang Kuno Kesalahan Cetak

Uang Kuno yang memiliki kesalahan cetak  atau kesalahan produksi juga turut dicari, biasanya uang yang masih berlaku di zaman ini atau masa sekarang ini juga banyak dicari yang memiliki kesalahan cetak, walau nilai jualnya tidak semahal dengan uang kuno kesalahan cetak namun uang tersebut masihlah bisa menghasillan uang yang cukup jika dijual.

5. Uang Kuno Dengan Tanda atau Cap Unik

Uang Kuno yang memiliki cap unik atau tanda tangan dari pejabat pemerintah juga biasanya memiliki nilai jual yang lumayan, karena cap uniknya memberikan nilai tambahan pada uang tersebut.

Dengan begini, masyarakat yang ingin menjual atau ingin memulai mengoleksi uang kuno dapat menyortir uang kuno dari yang memiliki nilai jual tinggi hingga uang yang dicari namun tidak memiliki nilai jual, investasi terkait uang kuno ini juga harus dipikirkan sematang munkin karena nilai uang kuno sangatlah bervariasi tergantung pada faktor – faktor yang kondiisi. Bijaklah dalam melakukan riset dan berkonsultasi lah kepada yang ahli dalam bidang ini. (*)

 

Tags : #uang kuno
Kategori :