JAKARTA - PT Honda Prospect Motor (HPM) optimistis mampu mendongkrak penjualan dengan memunculkan mobil-mobil baru yang sesuai keinginan masyarakat. Jika saat ini Honda bertengger di urutan kelima pangsa pasar nasional, tahun depan ditargetkan bisa menempati ranking empat.
Marketing & After Sales Service Director PT HPM Jonfis Fandy mengungkapkan, penjualan Honda secara nasional terus membaik meskipun industri otomotif sedang menghadapi banyak tantangan. \"Market share pada 2013 ini naik dan kondisinya masih bagus. Kita sekarang posisi nomor lima nasional, dan mudah-mudahan bisa meningkat lagi tahun depan,\" ujarnya di sela peluncuran Brio Satya kemarin (11/9).
Selain mencatat pertumbuhan penjualan, pangsa pasar Honda terus melesat. Sebagai contoh, hingga semester pertama tahun ini pangsa pasar Honda sudah 8,2 persen. Angka itu melonjak cukup tinggi dibanding posisi semester pertama tahun lalu 4,9 persen dari total penjualan nasional. \"Kita optimistis dapat terus merangsek naik ke atas,\" ungkapnya.
Pihaknya terus memunculkan mobil-mobil baru yang bersaing dari sisi kualitas maupun harga. Target HPM tahun ini bisa menjual 100 ribu unit mobil. Apalagi dengan adanya program mobil murah ramah lingkungan (LCGC), pasar akan bertambah sekitar 1-2 persen tahun ini. \"Dengan melihat tren sekarang, sepertinya market akan tembus lebih dari angka itu,\" katanya.
Untuk segmen LCGC, Honda telah memiliki andalan Brio Satya. Mobil yang 85 persen komponennya dibuat di dalam negeri ini bakal menjadi lawan tangguh duet Toyota Agya-Daihatsu Ayla. \"Itu produk Honda dengan harga terendah di Indonesia. Kita menyasar first buyer,\" tukasnya.
Selain bersaing di segmen LCGC, Honda juga bakal mengikis pasar Toyota-Avanza dan Daihatsu Xenia di segmen low MPV (multi-purpose vehicle). Kendaraan tujuh penumpang dari Honda ini sudah siap meluncur di awal 2014. Namun,pemesanan sudah bisa dilayani pada ajang IIMS (International Indonesia Motor Show) 19-29 September 2013 nanti.
(wir/oki)