>

FH UNJA Gelar Seminar Nasional Dinamika Pembaruan Hukum Pidana

FH UNJA Gelar Seminar Nasional Dinamika Pembaruan Hukum Pidana

FH UNJA Gelar Seminar Nasional Dinamika Pembaruan Hukum Pidana--

JAMBI, JAMBIEKSPRES CO.ID - Program Studi Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum (FH) Universitas Jambi (UNJA) menggelar seminar nasional dengan tema “Dinamika Pembaruan Hukum Pidana : KUHP baru bagi Masyarakat serta Aparat Penegak Hukum di Era Digital” bertempat di Swiss-Belhotel Jambi pada Sabtu, (12/10/2024).

Acara dibuka oleh Rektor UNJA, Prof. Helmi dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Jambi, Dr. Usman, S.H., M.H., Ketua Prodi Doktor Ilmu Hukum UNJA, Prof. Dr. Sukamto Satoto S.H., M.H., Sekretaris Prodi Doktor Ilmu Hukum UNJA, Dr. Dwi Suryahartati, S.H., M.Kn. A, serta undangan lainnya.

Acara Ini menghadirkan 3 Pemateri, yaitu Prof. Dr. Pujiono, S.H. (M.Η. Guru Besar Universitas Diponegoro), Dr. Hermon Deskrito, S,H., Μ.Η. (Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi), Dr. Sahuri Lasmadi, S.H., M.Hum. (Dosen Fakultas Hukum UNJA).

Rektor UNJA, Prof. Helmi menyampaikan bahwa kegiatan ini mengangkat tema yang menarik dan menjadi hal yang penting untuk dapat di diskusikan bersama. “Tema dalam Seminar sangat menarik karena mengandung pertanyaan, apakah ini pembaharuan atau tidak, ada banyak hal baru dalam KUHP yang menjadi materi muatan, sehingga menjadi hal yg penting untuk di elaborasi dalam diskusi bersama, semoga acara ini akan menjadikan sesuatu yg baik untuk perkembangan hukum di Indonesia,” tutur Helmi

Dekan Fakultas Hukum Universitas Jambi, Dr. Usman, S.H., M.H., berharap bahwa materi yang didapat dari seminar ini dapat di terapkan oleh dosen-dosen Fakultas Hukum untuk mengajarkan dua KUHP karena mahasiswa yang akan lulus dari FH sudah akan menerapkan KUHP baru. “Dengan berlangsung KUHP baru, tema yang diangkat dan narasumber dalam seminar ini merupakan tema dan narasumber yang update dan tepat, diharapkan dosen Fakultas Hukum untuk mengajarkan dua KUHP sekaligus, jadi KUHP baru dan lama disandingkan, karena kami menyadari mahasiswa yang akan lulus dari FH sudah akan menerapkan KUHP baru,” ujar Dr. Usman.

Dr. Dony Yusra Pebrianto selaku Ketua Panitia mengatakan Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Program Doktor FH UNJA sebagai suatu respon terhadap perkembangan hukum di Indonesia. “Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Program Doktor yang FH UNJA dan menjadi suatu bagian dari proses pembelajaran Program Doktor, harapan kita kegiatan ini tetap bisa diteruskan dari tahun ke tahun sebagai bentuk respons terhadap perubahan dan perkembangan Hukum di Indonesia,” ungkapnya.

Acara berlanjut dengan penyerahan cinderamata kepada narasumber dan sesi foto bersama. Setelah sesi pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan materi dari masing-masing narasumber dan sesi tanya jawab. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: