>

Disambut Antusias, Pawai Taaruf dan Parade Mobil Hias Sebgai Rangkaian MTQ Ke-53 Tingkat Provinsi Jambi

Disambut Antusias, Pawai Taaruf dan Parade Mobil Hias Sebgai Rangkaian MTQ Ke-53 Tingkat Provinsi Jambi

Disambut Antusias, Pawai Taaruf dan Parade Mobil Hias Sebgai Rangkaian MTQ Ke-53 Tingkat Provinsi Jambi --

KERINCI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Jelang pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke53 Tingkat Provinsi Jambi, digelar pawai taaruf dan parade mobil hias yang diikuti seluruh kabupaten/kota.

Asisten II Sekeretariat Daerah Kabupaten Kerinci, Atmir mengharapkan pawai taaruf dan mobil hias yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan MTQ tersebut menjadi hiburan yang membawa kegembiraan bagi masyarakat. Sekaligus, mengharapkan masyarakat dapat menjaga tali silaturahmi dan keamanan kegiatan.

Pawai taaruf dan pawai taaruf diawali dengan persembahan drumband dari siswa-siswi SMP Negeri 7 Kernci.

Pawai taaruf para kafilah diawali dengan kabupaten Batanghari yang membawa 143 kafilah yang terdiri dari peserta dan ofisial. Setelah itu dilanjutkan dengan rombongan kafilah Kota Jambi yang merupakan juara umum MTQ ke-52 Tingkat Provinsi Jambi 2023.

Kemudian, dilanutkan dengan rombongan kafilah kabupaten Muaro Jambi yang membawa kafilah sebanyak 140 orang. Kemudian, rombongan kafilah dari kabupaten Bungo yang membawa kafilah sebanyak kafilah sebanyak 95 orang.

Selanjutnya, merupakan parade dari rombongan kafilah Kabupaten Sarolangun yang membawa kafilah sebanyak 57 orang kafilah, Diikuti, rombongan kafilah dari Kota Sungai Penuh yang membswa kafilah 131 kafilah. Kemudian, rombongan kafilah dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan membawa kafilah 74 peserta, 13 ofisial, 3 tenaga kesehatab, 15 sekretariat. Selanjutnya adalah rombongan kafilah dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang tak kalah antusias mengikuti parade taaruf ini. Kemudian, diikuti rombongan dari kafilah dari Kabupaten Tebo Selanjutnya, rombongan kafilah dari tuan rumah, yaitu kafilah Kabupaten Kerinci. Dan terakhi yang mengikuti parade pawai taaruf ini adalah rombongan kafilah Kabupaten Merangin.

Tak hanya, pawai taaruf rombongan kafilah, namun parade mobil hias yang diikuti 11 kabupaten/kota juga sangat ditunggu-tunggu dan disambut dengan anntusias oleh masyarakat sekitar.

Mobil hias kabupaten Bungo begitu indah dipesembahkan khusus untuk perhelatan MTQ ke53 ini. Diikuti persembahan parade mobil hias dari Kabupaten Merangin yang menghias mobil dengan desain Alquran besar di depan mobl sebagai tanda MTQ sebagai syiar nilai-nilai agama Islam membumikan isi kitab suci Alquran.

Dilanjutkan dengan penampilan parade mobil hias kabupaten Muaro Jambi yang menampilkan ciri khas dari daerah tersebut, yakni nanas, Tak kalah menarik adalah parade mobil hias dari Kabupaten Sarolangun yang menampilkan ciri khas dari daerah Sepucuk Adat Serumpun Pseko, yaitu adanya tugu biduk yang menghiasi mobil hias tersebut,

Tak kalah unik adalah hiasan mobil hias dengan ornament khas tilawatil quran ditambah keindahan burung enggah dari pesembahan parade mobil hias Kota Sungai Penuh. Selanjutnya, penampilan parade mobil hias dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang menghiasi ornament Islami pada mobil tersebut disertai hiasan kapal sebagai potensi perairan dari Selengkuh Dayung Serentak Ketujuan tersebut. Selanjutnya mobil hias dari kabuoaten Tebo yang menghiasi mobil secara menarik dengan ciri khas dengan nuansa Islami dan masjidnya.

Persembahan mobil hias dari Kabupaten Kerinci pun tak ketinggalan yang menampilkan ornament khas dari perhelatan MTQ dan tak lupa menampilkan potensi sumber daya yang ada di Bumi Sakti Alam Kerinci.

Pj Bupati Kerinci, Aasraf sangat bersyukur kehadiran masyarakat Kerinci yang sangat antusias menyaksikan pawai taaruf dan pawai mobil hias tersebut. “Masyarakat sangat antusias, penuh membludak. Ini merupakan kegiatan yang sangat meriah pada perhelatan MTQ Tingkat Proinsi ini,” ujar beliau.

Beliau berharap perhelatan MTQ ke-53 Tingkat Provinsi Jambi ini terlaksana dengan sukses, dimana kabupaten Kerinci sebagai tuan rumah yang baik dan mengesankan bagi seluruh kabupaten/kota. “Berharap sukses menjadi tuan rumah yang baik,” harap beliau.

Gelaran pawat taaruf dan pawai taaruf ini menuai respons positif dan disambut antusias, dimana masyarakat turut bersukacita dan berbahagia dengan gelaran tersebut sebagai momentum indah masyarakat menyambut rombongan para kafilah. Seraya mengharapkan gelaran MTQ kali ini berjalan dengan sukses dan damai di Bumi Sakti Alam Kerinci. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: