>

Closing Ceremony Gentala Arasi 2024, Pionir Digitalisasi Ekonomi Keuangan di Jambi

Closing Ceremony Gentala Arasi 2024,  Pionir Digitalisasi Ekonomi Keuangan di Jambi

Closing Ceremony Gentala Arasi 2024, Pionir Digitalisasi Ekonomi Keuangan di Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Bank Indonesia Provinsi Jambi sukses melaksanakan gelaran Gebyar Ekonomi Keuangan Digital dan Literasi Jambi (Gentala Arasi) 2024 yang berlangsung selama 3 hari, yaitu dari tanggal 11-13 September 2024 di Lapangan Kantor Gubernur Jambi. Sedangkan closing ceremony Gentala Arasi 2024 dilangsungkan pada Jumat 13 September 2024 menyuguhkan kegiatan Tabligh Akbar dalam rangka menyambut Hari Raya Maulid Nabi dengan menghadirkan Ustadz Hilman Fauzi sebagai penceramah.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Mukti Rigowo saat menutup kegiatan Gentala Arasi 2024 mengatakan, Gentala Arasi 2024 merupakan wadah/ajang untuk mengakselerasi implementasi dan literasi masyarakat terkait Ekonomi Keuangan Digital di Provinsi Jambi melalui berbagai kegiatan. Diantaranya yaitu Talkshow/edukasi, Showcase inovasi dari Bank Indonesia dan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP), serta penerapan transaksi digital dalam pembelian UMKM dan kuliner Provinsi Jambi. “Penyelenggaraan Gentala Arasi 2024 menyinergikan beberapa program KPw BI Provinsi Jambi, yaitu perluasan digitalisasi Sistem Pembayaran di Daerah, Akselerasi ekonomi dan keuangan hijau dan inklusif yang terintegrasi (termasuk syariah) serta pengendalian Inflasi daerah,” katanya.

Kegiatan Gentala Arasi 2024 turut dimeriahkan oleh showcase 44 UMKM Binaan BI dan Dekranasda Provinsi Jambi, showcase Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Bank dan Non Bank sejumlah 20 PJP, pasar murah oleh BULOG Provinsi Jambi, donor darah bekerjasama dengan PMI dan layanan penukaran uang melalui kas keliling. Total transaksi penjualan pada showcase UMKM sejak awal September hingga hari ke-3 pelaksanaan acara mencapai kurang lebih Rp1.676.006.150 (satu miliar enam ratus tujuh puluh enam juta enam ribu seratus lima puluh rupiah) yang dilakukan secara cashless.

Mukti menambahkan, dalam rangka mendorong peningkatan digitalisasi pembayaran melalui QRIS, sepanjang rangkaian acara Gentala Arasi 2024 dilakukan QRIS Experience melalui pendaftaran kegiatan, kompetisi dan games dengan capaian mencapai lebih dari 2.000 orang yang on boarding QRIS. “Kami mengajak semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam berinovasi dan terus memperkuat sinergi untuk mengakselerasi digitalisasi perekonomian Provinsi Jambi guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi yang berkelanjutan,” imbuhnya.

Melalui Gentala Arasi 2024, Bank Indonesia juga senantiasa mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam transformasi digital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia secara berkelanjutan. Diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat meningkat awareness nya mengenai ekonomi dan keuangan digital, serta dapat mengimplementasikan transaksi ekonomi keuangan dimana saja. (*/kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: