>

Pelindo Jambi Dorong Inovasi Layanan Publik di Pelabuhan Talang Duku: Dibahas dalam Diskusi Publik

Pelindo Jambi Dorong Inovasi Layanan Publik di Pelabuhan Talang Duku: Dibahas dalam Diskusi Publik

Pelindo Jambi Dorong Inovasi Layanan Publik di Pelabuhan Talang Duku Dibahas dalam Diskusi Publik--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- PT Pelindo Regional 2 Jambi menegaskan komitmennya dalam meningkatkan pelayanan publik di Pelabuhan Talang Duku. Hal ini disampaikan oleh General Manager PT Pelindo Regional 2 Jambi, Ahmad Fahmi, dalam acara Diskusi Publik yang diinisiasi oleh Komunitas Partisipatif Pelayanan Publik (KOMPLIK) – sebuah komunitas di bawah naungan Ombudsman RI Perwakilan Jambi. Dengan tema “Optimalisasi Pelayanan Publik di Pelabuhan Talang Duku Jambi: Tantangan dan Peluang”, acara ini digelar di Aula Swiss-Belhotel Jambi dan melibatkan berbagai elemen masyarakat, kamis (5/9/2024)

 

Ahmad Fahmi dalam sambutannya menyatakan pentingnya perbaikan dan penguatan pelayanan publik di Pelabuhan Talang Duku. "Pelindo Jambi terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik bagi pengguna jasa pelabuhan. Kami menyadari adanya tantangan yang perlu dihadapi, seperti infrastruktur dan koordinasi lintas sektor, namun kami juga melihat peluang besar dalam meningkatkan efisiensi operasional dan pelayanan,” ujar Fahmi. 

 

Dalam diskusi yang dihadiri oleh mahasiswa, jurnalis, organisasi masyarakat, LSM, serta asosiasi kemaritiman tersebut, Fahmi menyoroti pentingnya sinergi antara pihak pelabuhan, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam menjawab kebutuhan pelayanan publik di pelabuhan. Menurutnya, kolaborasi ini adalah kunci untuk memanfaatkan potensi besar yang dimiliki Pelabuhan Talang Duku dalam mendukung perekonomian daerah.

 

Acara dibuka dengan sambutan dari Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Sudirman, yang mewakili Gubernur Jambi. Dalam pidatonya, Sudirman memberikan apresiasi kepada Pelindo Jambi dan KOMPLIK atas inisiatif penyelenggaraan diskusi publik ini. "Ini adalah langkah konkret dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik di sektor pelabuhan, sekaligus membuka dialog yang konstruktif antara pemangku kepentingan dan masyarakat," ujarnya.

 

Selanjutnya, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jambi, Saiful Roswandi, juga turut menyampaikan sambutannya. Ia menekankan bahwa peran Ombudsman RI melalui KOMPLIK adalah untuk memastikan pelayanan publik yang lebih transparan dan akuntabel. "Pelabuhan Talang Duku adalah salah satu pintu gerbang ekonomi Jambi, dan kita perlu memastikan pelayanan di sini berjalan optimal untuk mendukung pembangunan daerah," ujar Saiful.

 

Diskusi ini juga menghadirkan Hery Susanto, M.Si, anggota Ombudsman RI, sebagai keynote speaker. Hery membahas berbagai tantangan yang dihadapi oleh instansi publik dalam memberikan pelayanan yang efektif dan menyoroti pentingnya inovasi pelayanan di tengah tuntutan masyarakat yang terus meningkat. Selain itu, Kepala KSOP Talang Duku dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi juga menyampaikan pandangan mereka terkait peran regulasi dan kebijakan dalam mendukung operasional pelabuhan.

 

Diskusi yang berlangsung interaktif ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang sangat antusias. Pertanyaan dari berbagai pihak terkait perbaikan layanan publik di pelabuhan langsung dijawab oleh Ahmad Fahmi dan para narasumber lainnya. Fahmi secara terbuka menerima masukan dan kritik dari peserta, serta berkomitmen akan terus mendorong Pelindo Jambi untuk meningkatkan kualitas layanan di Pelabuhan Talang Duku.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: