>

SKK Migas PetroChina Bersama Satpol PP dan Damkar Tanjab Timur Sinergi Bentuk Redkar

SKK Migas PetroChina Bersama Satpol PP dan Damkar Tanjab Timur Sinergi Bentuk Redkar

SKK Migas PetroChina Bersama Satpol PP dan Damkar Tanjab Timur Sinergi Bentuk Redkar --

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Ini bukan pertama kalinya SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd selalu mensupport kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur seperti halnya kali ini yang berkaitan dengan bencana alam.

M. Yuda Ramdani, CSR and Comdev Supervisor PetroChina International Jabung Ltd mengatakan, kegiatan pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) ini salah satu program SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd yang masuk dalam Program Pengembangan Masyarakat (PPM) di bidang lingkungan dan kebencanaan untuk pencegahan dan penanggulangan bencana.

"Sebelumnya kami juga telah berkolaborasi dengan BPBD Kabupaten Tanjabtim untuk pembentukan Relawan Desa Tangguh Bencana (Destana). Maka dengan ini, kedepannya Redkar dan Destana diharapkan bisa bersinergi dalam penanggulangan bencana yang ada di kelurahan maupun desa," terangnya.

Untuk saat ini, pembentukan Redkar ini difokuskan terlebih dahulu di Kecamatan Geragai. Dimana Kecamatan Geragai merupakan salah satu wilayah operasional SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd. 

"Kita utamakan dulu yang yang berada di area operasional kita yaitu Kecamatan Geragai, dan tidak menutup kemungkinan dilanjutkan di kecamatan lainnya  di tahun selanjutnya seperti Muara Sabak Barat, Muara Sabak Timur dan kecamatan yang lain. Karena PetroChina ini salah satu objek vital nasional yang perlu persiapan antisipasi keselamatan yang tinggi. Untuk itu, perlu adanya sinergi dengan masyarakat apabila terjadi hal-hal yang berkaitan dengan objek vital nasional tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Pol-PP dan Damkar Kabupaten Tanjabtim, Zulfaisyal menilai kolaborasi antara Pemkab Tanjung Jabung Timur dengan SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd sangat baik. Karena sebelumnya, banyak juga kegiatan lainnya yang telah melibatkan instansinya, seperti pihaknya telah beberapa kali melaksanakan simulasi pemadaman kebakaran yang disupport oleh SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd.

"Kedepannya kita juga akan berkolaborasi dengan Destana BPBD, karena BPBD itu adalah koordinator semua bencana alam yang terjadi. Sedangkan kami adalah eksekutor dan penyelamatan di pemadaman kebakaran," sebutnya.

Sebelumnya, SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd juga mendukung dan mensupport pemerintah kabupaten Tanjung Jabung Timur terkait dengan pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) yang diselenggarakan oleh BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Timur. 

Kali ini, kegiatan yang sama juga disupport oleh SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd untuk pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) sebagaimana yang diamanatkan dalam Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 364.1/306 tahun 2020.

Atas perhatian dan dukungan itu, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur menilai dan menganggap SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd adalah salah satu perusahaan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang peduli terhadap masyarakat dalam hal bencana alam. Tentu masyarakat bersyukur dengan terbentuknya Redkar dan Destana. Setidaknya bencana alam yang terjadi di desa bisa cepat ditanggulangi.

"Kebencanaan adalah salah satu layanan dasar yang diperintah oleh Pemerintah Pusat melalui undang-undang yang diwajibkan. Jadi diharapkan relawan damkar ini dapat terbentuk di seluruh kecamatan, desa dan kelurahan," pinta Asisten Bidang Pembangunan dan Kesra Setda Tanjabtim, Suhas Purrojani, saat membuka sosialisasi Pembentukan Redkar, tukasnya.(lan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: