>

SKK Migas PetroChina Kolaborasi Dengan Satpol PP dan Damkar Tanjab Timur Sosialisasikan Pembentukan Redkar

SKK Migas PetroChina Kolaborasi Dengan Satpol PP dan Damkar Tanjab Timur Sosialisasikan Pembentukan Redkar

SKK Migas PetroChina Kolaborasi Dengan Satpol PP dan Damkar Tanjab Timur Sosialisasikan Pembentukan Redkar--

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) dalam hal ini Satpol-PP dan Damkar, SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd mengadakan kegiatan sosialisasi pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar), di Aula Kantor Camat Geragai, Kamis (22/80) siang.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Tanjabtim, Suhas Purrojani berkesempatan membuka sosialisasi tersebut mewakil Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto, SE. Hadir pada kesempatan itu, CSR and Comdev Supervisor PetroChina International Jabung Ltd, M. Yuda Ramdani, HSE Departemen PetroChina International Jabung Ltd, Alva Edison dan Musmulyadi.

Kemudian juga hadir Kepala Satpol-PP Kabupaten Tanjabtim Zulfaisyal, Camat Geragai, Camat Muara Sabak Barat, Camat Dendang, Camat Muara Sabak Timur, Danramil 419-05/Geragai, para Lurah dan Kepala Desa se Kecamatan Geragai serta para tamu undangan.

Kasat Pol-PP dan Damkar Kabupaten Tanjabtim, Zulfaisyal mengatakan, bahwa pembentukan Redkar ini merupakan amanat dari Menteri Dalam Negeri Nomor 364.1/306 tahun 2020. Dimana Pemerintah Pusat melatarbelakangi wilayah Indonesia yang geografisnya sangat luar biasa, sehingga petugas damkar sulit menjangkau daerah yang untuk dijangkau.

"Maka perlu pembentukan Redkar ini untuk menanggulangi kebakaran pemukiman maupun lahan dan hutan di desa-desa. Hari ini kita melaksanakan dulu sosialisasi kepada para Camat, Lurah dan Kepala Desa. Dimana prioritas pertama ini kita fokuskan pembentukan Redkar di Kecamatan Geragai dulu," katanya.

Di Kecamatan Geragai ini ada 1 kelurahan dan 8 desa. Yang mana masing-masing kelurahan dan desa akan dibentuk 5 relawan, jadi total keseluruhan ada sebanyak 45 relawan. Alhamdulillah terselenggaranya kegiatan ini disupport oleh SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd, mengingat wilayah kerjanya memiliki resiko dan rawan terhadap bahaya kebakaran.

"Dalam hal ini kita mendapat bantuan dari SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd berupa peralatan awal, seperti Apar, stik ular dan lain-lain. Dengan harapan Redkar ini nantinya menjadi perpanjangan tugas dari petugas Damkar kabupaten," ungkapnya.

CSR and Comdev Supervisor PetroChina International Jabung Ltd, M. Yuda Ramdani mengatakan, kegiatan pembentukan Redkar ini salah satu program SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd yang masuk dalam Program Pengembangan Masyarakat (PPM) di bidang lingkungan dan kebencanaan untuk pencegahan dan penanggulangan bencana.

"Sebelumnya kami juga telah berkolaborasi dengan BPBD Kabupaten Tanjabtim untuk pembentukan relawan Desa Tangguh Bencana (Destana). Maka dengan ini, kedepannya Redkar dan Destana diharapkan bisa bersinergi dalam penanggulangan bencana yang ada di kelurahan maupun desa," terangnya.

Untuk saat ini, pembentukan Redkar ini difokuskan terlebih dahulu di Kecamatan Geragai. Dimana Kecamatan Geragai merupakan salah satu pusat dari wilayah operasional SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd. 

"Kita utamakan dulu yang yang berada di area operasional kita yaitu Kecamatan Geragai, dan tidak menutup kemungkinan dilanjutkan di kecamatan lainnya  di tahun selanjutnya seperti Muara Sabak Barat, Muara Sabak Timur dan kecamatan yang lain. Karena PetroChina ini salah satu objek vital nasional yang perlu persiapan antisipasi keselamatan yang tinggi. Untuk itu, perlu adanya sinergi antar masyarakat dan perusahaan apabila terjadi hal-hal yang berkaitan dengan objek vital nasional tersebut," jelasnya.

Sementara, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Tanjabtim, Suhas Purrojani menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd yang telah memberikan dukungan dan membantu masyarakat terkait bencana kebakaran dan bencana alam lainnya.(lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: