>

Dirgahayu Republik Indonesia Ke-79, SKK - Migas PetroChina International Jabung Ltd. Gelar Upacara Kemerdekaan

Dirgahayu Republik Indonesia Ke-79, SKK - Migas PetroChina International Jabung Ltd. Gelar Upacara Kemerdekaan

Dirgahayu Republik Indonesia Ke-79, SKK - Migas PetroChina International Jabung Ltd. Gelar Upacara Kemerdekaan--

MUARASABAK,JAMBIEKSPRES.CO.ID - SKK Migas -PetroChina International Jabung Ltd menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 tahun 2024, Sabtu (17/8) pagi.

Dimulai pukul 07.00 WIB, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd, Rudy Hermawan langsung bertindak sebagai Inspektur Upacara yang diikuti seluruh karyawan sebagai peserta upacara di Halaman BaseCamp Geragai PetroChina International Jabung Ltd.

Dalam amanah Kepala SKK Migas yang disampaikan Field Manager PetroChina International Jabung Ltd, Rudy Hermawan mengajak untuk menggunakan momentum HUT Kemerdekaan RI ini untuk mengisi kemerdekaan dengan kinerja terbaik agar bangsa Indonesia dapat terus melaju menuju Indonesia Maju. Peringatan Kemerdekaan ke 79 Republik Indonesia kali ini mengusung tema 'Nusantara Baru Indonesia Maju'. 

"Melalui tema ini pemerintah mengajak kepada seluruh elemen bangsa untuk maju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir. Tema ini membawa pesan bagi kita untuk tidak membiarkan pencapaian kemajuan yang sudah diraih bangsa Indonesia terhenti," katanya.

Selama kurang lebih 2 dekade terakhir, Industri Hulu Migas telah menjadi penyumbang kedua terbesar penerimaan negara setelah pajak, dengan total kontribusi sebesar 5.045 Triliun.

Upaya untuk terus mencapai dan mengembangkan cadangan Migas baru berhasil dipertahankan Reserves Replacement Ratio (RRR) diatas 100 persen berturut-turut.

"Kita juga telah menyelesaikan proyek-proyek besar, seperti lapangan Jangkrik, lapangan Jambaran Tiung Biru dan Tangguh Train 3. Setelah tahun 2012 pasokan untuk kebutuhan domestik telah melebihi ekspor yang merupakan bagian dari upaya kita memperkuat ketahanan energi Nasional," jelasnya. 

Selain itu, kegiatan usaha Hulu Migas seperti pengeboran dan eksklusif project turut menciptakan efek multiplayer yang signifikan melalui menerapkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang mencapai 58 persen dari total belanja dan penyediaan lapangan kerja untuk 150.000 pekerja. Industri Hulu Migas juga telah mempersembahkan beberapa kado terindah bagi peringatan hari Kemerdekaan RI.

Antara lain pertama kesuksesan kinerja eksplorasi. Temuan eksplorasi Geng North, Layaran, dan Tangkulo telah menempatkan Indonesia pada posisi teratas temuan eksplorasi di Asia Tenggara dalam dua tahun terakhir. Temuan ini membuktikan bahwa potensi subsurface Indonesia masih sangat menjanjikan. 

Kedua upaya peningkatan produksi minyak melalui produksi dari Banyu Urip Infill Clastic atau BUIC. Sumur B-13 yang merupakan sumur pertama dari proyek ini telah memproduksi minyak pada tanggal 9 Agustus lalu. Beberapa hari lalu kita juga menyaksikan pengapalan ke-1.000 minyak mentah dari Lapangan Banyu Urip. Kita berharap 6 sumur berikutnya dari Proyek BUIC akan segera menyusul sehingga kontribusi proyek ini untuk mengangkat profil produksi minyak nasional dapat terwujud. 

Ketiga, Pembangunan Teknologi Digital agar dapat bersaing di era kompetisi industri Hulu Migas global yang akan semakin ketat.

Digitalisasi pengelolaan rantai suplai merupakan salah satu pilar Rencana Strategis hulu migas dan selaras dengan arahan Pemerintah. Untuk itu, SKK Migas telah  mengimplementasikan IOG E-Commerce yang dimulai untuk pengadaan barang/peralatan dengan nilai sampai Rp. 1 Miliar.

Keempat, peningkatan efek multiplayer melalui penandatanganan 10 GSA dengan total nilai US$ 1.2 miliar atau setara dengan Rp. 18,9 Triliun, serta penandatanganan 8 Procurement Contract senilai US$ 428 juta atau setara 6,4 triliun rupiah, yang dilakukan pada saat pembukaan Supply Chain & National Capacity Summit beberapa hari lalu.

Kelima, pemerataan ekonomi dan  membuka lapangan kerja baru. Industri Hulu Migas melalui Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang berorientasi untuk menciptakan kesejahteraan sosial. pada tahun 2024 ini, telah diperoleh Kesepakatan Anggaran PPM sebesar US$ 35.38 Juta atau sebesar Rp. 530 Miliar, naik sebesar 127% dari tahun 2023 yang sebesar US$27.7 Juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: