>

Foto-foto Pantai Aur Duri Jambi yang Kini Sedang Viral

Foto-foto Pantai Aur Duri Jambi yang Kini Sedang Viral

Suasana Pantai Aur Duri Jambi Agustus 2024-TikTok @baru.punya.drone-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Kemarau telah tiba, debit Sungai Batanghari pun surut. Akibatnya? Jambi tiba-tiba jadi punya pantai.

Pantai? Iya, disebut pantai oleh masyarakat karena lokasi sungai yang berada di Aur Duri ini sekilas benar-benar mirip seperti pantai di bibir lautan,  hamparan pasirnya sangat luas. (Foto-foto Pantai Aur Duri Jambi bisa dilihat di artikel ini).

Pantai Aur Duri Jambi kini memang sedang viral, berduyun-duyun masyarakat mendatangi lokasi ini untuk menikmati pemandangan atau sekedar berfoto.

Lokasinya juga sangat dekat dengan pusat kota Jambi , sekitar 5 menit perjalanan dari Telanaipura, tak jauh dari Jembatan Aur Duri I.


Pantai Aur Duri Jambi Agustus 2024-TikTok @baru.punya.drone-

“Datang ke sini sebenarnya juga ingin mencoba sensasi berjalan di atas permukaan pasir yang biasanya dialiri air deras,” ujar Rahmad, salah satu warga yang sudah berkunjung ke Pantai Jambi.

Sensasi ini benar adanya, mengingat Pantai Aur Duri Jambi, sebelumnya adalah jalur aliran Sungai Batanghari, jangankan ditapaki dengan kaki, berenang di atasnya saja mungkin ngeri, saking derasnya air di area ini.

Seorang TikToker melalui akun @baru.punya.drone, telah mendokumentasi situasi Pantai Aur Duri Jambi. Hasilnya terlihat dengan jelas keindangan hamparan pasir di pantai ini.


Pantai Aur Duri Jambi Agustus 2024-TikTok @baru.punya.drone-

Di hamparan pasir terlihat banyak pengunjung yang berjalan kaki, juga ada warung dadakan didirikan di tengah pasir.

Meski tak punya ombak, namun Pantai Aur Duri Jambi ini lumayan bisa menghibur masyarakat Jambi, menjadi spot sekali setahun untuk berwisata.

“Ini kan cuma muncul sekali dalam setahun, apa salahnya menikmati fenomena alam seperti ini, bosan ke mall, ke sini juga seru kok,” lanjut Ida, pengunjung pantai.

Jika ingin melihat situasi pantai versi video bisa mengunjungi akun TikTok @baru.punya.drone.


Pantai Aur Duri Jambi Agustus 2024-TikTok @baru.punya.drone-

Waspada Pasir Hisap

Meski indah, namun pantai dadakan ini juga perlu diwaspadai.

“Hindari posisi pasir yang dekat dengan arus air, karena takutnya di permukaan atas pasir, tapi di bawah air, bisa-bisa jebol,” ujar Udin, warga sekitar.

Menurut Udin memang ada kejadian yang biasa disebut pasir hisap, namun terjadi di daerah lainnya. “Anak-anak muda asyik main bola, tau-tau jebol, jadi baiknya nikmati suasana pantai ini dari lokasi yang aman,” lanjut Udin lagi.


Pantai Aur Duri Jambi Agustus 2024-TikTok @baru.punya.drone-

Ia juga berharap pengunjung menjaga kebersihan pantai ini, jangan membuang sampah makanan sembarangan.

Dalam beberapa hari terakhir Pantai Aur Duri Jambi masih terbilang bersih dan semoga bisa bertahan, sampai besok pantai ini kembali tenggelam, seiring dengan musim hujan datang.

Pantai ini kata Udin telah terbentuk sejak Juli lalu, namun Agustus menjadi semakin luas seiring semakin surutnya debit Sungai Batanghari.

Masuk ke pantai ini gratis, hanya dikenakan biaya parkir yang dikelola pemuda setempat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: