>

Tingkatkan Kualitas Batik Tanjabbar, SKK Migas PetroChina Turut Berpartisipasi Meriahkan Tanjab Barat Berbatik

Tingkatkan Kualitas Batik Tanjabbar, SKK Migas PetroChina Turut Berpartisipasi Meriahkan Tanjab Barat Berbatik

Tingkatkan Kualitas Batik Tanjabbar, SKK Migas PetroChina Turut Berpartisipasi Meriahkan Tanjab Barat Berbatik--

KUALATUNGKAL, JAMBIEKSPRES.CO.ID- SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd tegaskan komitmennya untuk terus mendukung program Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Hal tersebut terlihat ketika PetroChina International Jabung Ltd turut hadir dan berpartisipasi dalam memeriahkan acara yang bertajuk Tanjab Barat Berbatik yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke-59 dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. 

Suasana meriah menyelimuti Alun-alun Kuala Tungkal pada Jumat malam (9/8/2024). Ribuan pasang mata tertuju pada keindahan batik dalam acara “Tanjung Jabung Barat Berbatik”, dimana PetroChina International Jabung Ltd. Juga merupakan salah satu pendukung acara,

Hadir pada acara Bupati Tanjung Jabung Barat Drs H. Anwar Sadat M. Ag beserta istri PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat H. Dahlan S. Sos MSI beserta istri komandan Kodim 0419 Tanjung Jabung beserta istri Kapolres Tanjung Jabung Barat beserta istri pimpinan kepala Organisasi Perangkat Daerah dalam lingkup Kabupaten Tanjung Jabung Barat beserta istri dan tamu undangan yang hadir. Sedangkan dari pihak PetroChina International Jabung Ltd. Rudy Hermawan, Field Manager Jabung. Afdal, Communication Manager. Lasno, Government Relation Superintendent. Agung Bratanata, Field Admin Superintendent, Ahmad Ramadlan CSR & Comdev Supervisor dan Rina Putri CSR Jakarta. 

Dalam sambutannya, Rudy Hermawan, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd mengatakan PetroChina International Jabung Ltd senantiasa berkontribusi bagi pembangunan daerah dan pengembangan kapasitas masyarakat di sekitar wilayah kerjanya antara lain dengan mendukung para perajin batik Tanjab Barat dengan memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada para perajin. 

PetroChina terus berkolaborasi bersama pemerintah kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk menumbuhkan para penajin batik yang baru dan juga meningkatkan kualitas perajin batik yang telah ada. Agar tercipta lapangan kerja yang semakin luas dengan menggalakkan pemakaian produk lokal Tanjab Barat. 

"Program pengembangan batik yang berkelanjutan mulai dari tahun 2021 sampai sekarang, dan program tersebut kami beri nama CANTING EMAS yang merupakan kepanjangan dari Cipta Batik Tingkatkan Ekonomi Masyarakat dan juga mempunyai filosofi bahwa canting emas yang digunakan oleh perajin untuk membuat batik bisa menciptakan emas yang merupakan barang berharga dan bernilai ekonomis, " Ungkapnya. 

Didepan ribuan para penonton, Rudy Hermawan, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd menyampaikan Program-program yang telah diadakan untuk pengembangan batik di Tanjung Jabung Barat mulai dari pelatihan pendampingan dari tingkat dasar menengah dan terampil, pelatihan pewarnaan dan motif ecoprint, pemberian bantuan peralatan ke beberapa kelompok perajin batik, program magang bagi perajin batik kabupaten Tanjung Jabung Barat di Yogyakarta dan juga pelatihan dan sertifikasi kompetensi bagi perajin batik sehingga total penerima manfaat dari program pengembangan batik yang telah kami adakan adalah 132 orang penerima manfaat perajin batik. 

"Selain hal tersebut kami juga memasarkan produk batik Tanjung Jabung Barat dengan selalu menampilkan pada pameran-pameran yang kami ikuti, menjadikan souvenir bagi para stakeholder kami dan juga batik Tanjung Jabung Barat kami jadikan sebagai salah satu seragam bagi karyawan kantor pusat kami di Jakarta, " Ungkapnya. 

Ada banyak jenis motif batik yang bisa dikembangkan dari lokal kabupaten Tanjung Jabung Barat mulai dari motif laut motif flora motif fauna sosial budaya dan kreasi lainnya. Semua motif tersebut dapat menjelma menjadi satu kain batik bernilai tinggi apabila pengrajin batik mempunyai inovasi dan kreasi yang luas.

"Kami berharap dengan program canting emas yang telah dan akan kami adakan pada masa mendatang akan terus menciptakan perajin batik yang inovatif dan kreatif sehingga dapat tercipta batik khas kabupaten Tanjung Jabung Barat yang mempunyai nilai jual tinggi, " Demikian katanya. 

Bupati Tanjab Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag,  dalam sambutannya menyampaikan kekagumannya terhadap perkembangan batik di Tanjab Barat. 

“Corak dan motif batik kita sudah sangat maju dan bervariasi,” ujarnya.

Ia memberikan apresiasi kepada Dewan Kerajinan Daerah Tanjab Barat dan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan dan PetroChina International Jabung Ltd yang terus mendorong para perajin batik melalui pendidikan dan pelatihan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk memajukan industri batik Tanjab Barat agar bisa bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional,” tambah Bupati Anwar Sadat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: