>

Lahan Seluas 10 Hektar di Wilayah Jambi Timur Terbakar

Lahan Seluas 10 Hektar di Wilayah Jambi Timur Terbakar

Lahan Seluas 10 Hektar di Wilayah Jambi Timur Terbakar --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-10 hektar lahan semi gambut  di jalan Yos Sudarso Kelurahan Sejinjang, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi terbakar. Pada Jum'at (26/7/2024) sekitar pukul 11.40 Wib.

Angin kencang dan banyaknya rumput kering membuat api semakin besar dan cepat meluas.

Tim gabungan TNI-Polri, BPBD dan Dinas Pemadaman Kebakaran dan penyelamatan Kota Jambi bekerja sama memadamkan api. Setelah berjibaku melakukan pemadaman selama tiga jam, api akhirnya berhasil dipadamkan petugas sekitar pukul 15.00 wib.

Doni selaku Sekretaris Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kota Jambi mengatakan, untuk memadamkan api yang membakar lahan Semi gambut seluas 10 hektar ini, pihaknya menurunkan 80 personil dan 14 unit mobil armada pemadam kebakaran.

"Luas lahan yang terbakar diatas 10 hektar, kami menurunkan 80 orang personil dengan 14  unit mobil armada pemadam kebakaran dan di bantu dari rekan-rekan TNI-polri dan BPBD, katanya, Jum'at (26/7/2024).

Lanjut Doni, pihaknya belum mengetahui asal api dan penyebab kebakaran lahan semi gambut ini. Namun, diduga ada warga yang sengaja membuka lahan dengan cara dibakar.

"Saat ini petugas sedang melakukan identifikasi dan mencari informasi asal muasalnya kebakaran tersebut," lanjutnya.

Doni menghimbau kepada masyarakat, khususnya pemilik lahan yang luas, untuk menjaga lahannya masing-masing  saat musim kemarau ini dan tidak membakar lahan. 

" Karena dapat mengakibatkan dampak buruk bagi masyarakat disekitar lahan," himbauannya.

Dari pantauan Jambi Ekspres dilapangan, saat terjadi kebakaran lahan, terlihat arus lalu lintas di sekitar lokasi sepat terjadi kemacetan selama proses pemadaman berlangsung. (raf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: