>

Tingkatkan Kepedulian Pemuda-Sopir dalam Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan, BPTD Jambi Gelar Ajang Ini

Tingkatkan Kepedulian Pemuda-Sopir dalam Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan, BPTD Jambi Gelar Ajang Ini

Tingkatkan Kepedulian Pemuda-Sopir dalam Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan, BPTD Jambi Gelar Ajang Ini--

 

 

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Untuk meningkatkan kepedulian keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ), Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Jambi menyelenggarakan pemilihan 'duta keselamatan LLAJ' tingkat Provinsi.

Sasarannya jitu. Menciptakan pemuda yang peduli dalam LLAJ. Lengkapnya, kegiatan ini bertajuk Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ dan Pemilihan Penghargaan Abdi Yasa (Sopir) Angkutan Orang dan Angkutan Barang Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2024. Pemenang tingkat Provinsi nantinya akan dikirim mewakili Jambi di tingkat nasional.

Kepala BPTD Kelas II Jambi Benny Nurdin Yusuf mengatakan, kegiatan rutin tahunan jni berangkat dari permasalahan di bidang transportasi jalan. 

"Seperti pelayanan angkutan umum yang masih belum sesuai harapan, tingginya fasilitas pada kejadian kecelakaan di jalan khususnya melibatkan angkutan umum yang berakibat pada kerugian yang tidak sedikit," ucapnya (24/7/2024).

Dengan pemilihan ini, lanjut Benny, diharapkan hadirnya pemuda-pemudi yang peduli akan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

"Serta menjadi pelopor dalam keselamatan kepada teman, keluarga, lingkungan serta membangun budaya tertib berlalu lintas atas dasar kesadaran pribadi, dan tanggung jawab moril untuk meningkatkan keselamatan," akunya.

Adapun peserta pelajar pelopor telah disaring di tingkat Kabupaten/Kota. Berjumlah 15 orang siswa SMA sederajat, yang kebanyakan dari Kota Jambi karena daerah lainnya terkendala penganggaran di Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota.

Sementara untuk para Abdi Yasa alias sopir sejumlah 11 orang dari Perusahaan angkutan barang dan juga terdapat pengemudi angkutan orang.

Terkait tingkat keselamatan LLAJ di Jambi, Benny mengungkapkan, pada tahun ini tingkat kecelakaan menurun dari 2023. Benny mengungkapkan untuk di Kota Jambi yang menjadi sampel sendiri diibaratkan seperti kuning telur yang dikelilingi lapisan putih diluarnya. Yakni berada dikelilingi Kabupaten Muaro Jambi dan arus lalu lintas banyak masuk dari daerah terdekatnya.

"Untuk ruas jalannya cukup baik, tinggal lagi pengaturannya. Pendekatan manajemen rekayasa lalu lintas, traffic demand manajemen harus kita lakukan. Dan ini sudah mulai kami lakukan bersama Ditlantas Polda Jambi untuk mengurai LLAJ di Provinsi Jambi khususnya Kota Jambi," ucapnya.

Adapun acara ini dibuka oleh Gubernur Jambi Al Haris yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Mukhtamar Hamdi.

Gubernur dalqm sambutannya mengapresiasi kegiatan ini, merupakan salah satu wujud nyata komitmen kita bersama untuk menciptakan dan meningkatkan kondisi lalu lintas dan transportasi yang lebih baik dan lebih aman di Provinsi Jambi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: