>

Kuasai Materi Penelitian, Zufri Afdhal Berhasil Raih Nilai A

Kuasai Materi Penelitian, Zufri Afdhal Berhasil Raih Nilai A

Zufri Afdhal saat menyampaikan hasil penelitian--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.IDZufri Afdhal berhasil meraih nilai A dalam Ujian Promosi Doktor Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi (FEB – Unja), Senin (08/07).

Zufri Afdhal yang berprofesi sebagai Koordinator Kelompok Substansi Hukum dan Kepegawaian Unja Dinilai menguasai materi penelitian dalam diserta yang berjudul Analisis Mediasi Kualitas Pelayanan Heisqual, pada Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Mahasiswa, dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka(MBKM)  di Universitas Negeri Wilayah Sumatera.


Bersama Ibu Dr. Retno Kusniati, S.H., M.Hum, Kepala BAUK Universitas Jambi dan staf--

Zufri Afdhal pun mampu menjawab hampir semua pertanyaan dari Tim Penguji. Dalam Ujian Promosi Doktor Ekonomi FEB – Unja atas nama Zufri Afdhal bertindak sebagai Ketua Penguji yang juga Dekan FEB - Unja Prof. Dr. Shofia Amin, S.E.,M.Si, Sekretaris Dr. H. Tona Aurora Lubis, S.E.,M.M, Penguji Eksternal yang merupakan Guru Besar Universitas Negeri Jakarta Prof. Dr. Dedi Purwana, ES, M.Bus.,M.M, Promotor Ketua Program Studi Doktor Ekonomi FEB- Unja Prof. Dr. Johannes, S.E.,M.Si, Co Promotor Prof. Dr. Drs. Syahmardi Yacob, MBA dan Penguji Prof. Dr. H. Haryadi, S.E.,M.M.S yang juga Direktur Pascasarjana Unja.


Foto bersama Zufri Afdhal, Ketua Penguji, Sekretaris, Penguji Eksternal, Promoto, Co Prmotor dan Penguji--

“Tidak ada didunia ini yang sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT, namun kita berusaha untuk mencapai kesempurnaan tersebut. Atas dasar itu kami sepakat untuk melepaskan saudara dengan meraih gelar Doktor dengan nilai A. Kenapa kami berikan nilai A?, karena Promovendus juga merupakan praktisi dan mudah bagi yang bersangkutan untuk menjelaskan hasil penelitian-penelitian yang diteliti. Kami harap gelar ini memberikan kontribusi bagi institusi kita (Unja),” harap Ketua Penguji yang juga Dekan FEB - Unja Prof. Dr. Shofia Amin, S.E.,M.Si kemarin (8/7).

Dikatakannya, dalam penelitian Zufri Afdhal yang meneliti mengenai peningkatan kualitas pelayanan di Perguruan Tinggi (PT). Karena dengan kualitas pelayanan itu akan mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap PT.


Zufri Afdhal dan Keluarga serta Ketua Penguji, Sekretaris, Penguji Eksternal, Promoto, Co Prmotor dan Penguji--

“Harapannya, semoga Unja bisa menjadi yang terdepan di Sumatera dalam kualitas pelayanan bagi mahasiswa,” ujarnya.

Sementara, Promotor yang juga Ketua Program Studi Doktor Ekonomi FEB- Unja menambahkan, penelitian yang dihasilkan Zufri Afdhal meneliti koreksi terhadap praktek MBKM dan pendekatan internal, bahwasanya kepuasaan mahasiswa itu ditentukan juga oleh pelayanan-pelayanan internal di PT.

“Khususnya dalam pendekatan pendidikan tinggi Heisqual  itu model pelayanan di PT. kebermanfaatannya agar praktek perwujudan MBKM dilakukan melalui perbaikan-perbaikan apa yang ditujukan oleh si mahasiswa. Bila praktek MBKM bagus citra PT pun akan bagus,” jelas  Promotor yang juga Ketua Program Studi Doktor Ekonomi FEB- Unja.

Zufri Afdhal mengungkapkan alasan dirinya mengangkat penelitian tersebut adalah program MBKM adalah program kebijakan baru  dari Kemendikbud tahun 2020 lalu, dan terkait kualitas pelayanan yang menggunakan skala program Heisqual merupakan skala program yang baru, yang terbit dijurnal tahun 2023.

“Jadi semua variabel yang ada, merupakan variabel yang upgrade khusus diterapkan di PTN. Semoga penelitian dapat bermanfaat bagi seluruh PTN yang ada di Indonesia umumnya, dan Unja khususnya untuk dapat melihat dan mengevaluasi tingkat kualitas pelayanan yang kita berikan kepada mahasiswa,” tandas Zufri Afdhal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: