>

1,2 Juta Pemilih Jambi Telah Tercoklit, Fachrul Rozi : Progresnya Sudah Capai 65 Persen

1,2 Juta Pemilih Jambi Telah Tercoklit, Fachrul Rozi : Progresnya Sudah Capai 65 Persen

1,2 Juta Pemilih Jambi Telah Tercoklit, Fachrul Rozi : Progresnya Sudah Capai 65 Persen --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 terus berjalan.

Hingga Rabu (3/7/2024), progres Coklit yang dilakukan Panitia Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) di 11 Kabupaten/kota sudah mencapai 65 persen.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Fachrul Rozi mengatakan bahwa hingga saat ini terdapat 1.221.729 pemilih yang sudah tercoklit.  Jumlah ini progresnya sudah mencapai 65 persen dari total 2.684.723 pemilih hasil sinkronisasi DP4 dan data pemilih Pemilu terakhir.

"Progrenya sudah capai 65 persen. Angkanya 1.221.729 pemilih dari 2.684.723 pemilih se-Provinsi Jambi," ujar Fachrul Rozi. 

Dari laporan sementara, kata Fachrul Rozi, terdapat Kecamatan di beberapa Kabupaten/kota yang sudah menyelesaikan coklit. Melihat progres ini, pihaknya berharap hingga 24 Juli mendatang semua tahapan coklit sudah rampung dan selesai tepat waktu.

"Kita berharap teman-teman di daerah bisa memaksimalkan proses Coklit ini sehingga bisa selesai tepat waktu," katanya.

Pria yang akrab disapa Faul ini menjelaskan  setelah proses Coklit dilakukan, maka tahapan berikutnya penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS). "Setelah DPS selesai, maka selanjutnya penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT)," sebutnya.

Lalu adakah kendala yang dihadapi Pantarlih dalam proses Coklit? Faul menyebutkan ada beberapa kendala yang dihadapi teman-teman Partarlih ketika melakukan Coklit. Beberapa diantaranya adalah kesulitan menemui calon pemilih karena sedang tidak berapa ditempat.

"Mayoritas laporannya ketika kita temui ada yang sedang tidak berapa di tempat. Tapi Alhamdulillah prosesnya masih tetap berjalan," pungkasnya. (aiz)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: