>

Duh! Penderita HIV AIDS Batanghari Kebanyakan Kaum Pria Usia Muda

Duh! Penderita HIV AIDS Batanghari Kebanyakan Kaum Pria Usia Muda

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Batanghari, Wendrawati. -Foto: Reza/Jambi Ekspres-

BATANGHARI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Data menunjukkan ternyata penderita HIV AIDS di Kabupaten BATANGHARI kebanyakan diderita oleh kaum pria.

Mirisnya lagi, mereka pada umumnya adalah kaum laki-laki berusia masih sangat muda dengan rentang usia 19-30 tahun.

Dinas Kesehatan BATANGHARI mencatat, penderita HIV/AIDS di Kabupaten BATANGHARI sudah mencapai 95 kasus, terhitung sejak tahun 2021 hingga Juni 2024.

“Sebagian besar penularan dari penyimpangan perilaku seksual yang berisiko antara laki-laki dan perempuan,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes BATANGHARI, Wendrawati.

Guna mengerem jumlah kasus penderita IV IDS, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten BATANGHARI terus mensosialisasikan kepada kelompok remaja dalam upaya pencegahan penularan HIV/AIDS.

Wendrawati menambahkan, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada remaja siswa, mahasiswa sebagai upaya penanggulangan dan pencegahan penularan HIV/AIDS.

“Kita terus berikan sosialisasi kepada masyarakat Kabupaten BATANGHARI terutama kelompok remaja sebagai upaya pencegahan penularan kasus HIV/AIDS,"katanya.

Peningkatan kasus mulai terjadi pada 2021 yang mencapai 49 kasus, tahun 2022 sebanyak 12 kasus, tahun 2023 sebanyak 25 kasus, serta tahun 2024 sebanyak 9 kasus hingga Juni 2024.
"Dan untuk yang meninggal akibat HIV/AIDS dari tahun 2021-2024 sebanyak 23 orang,"ujarnya.

Untuk itu, bagi warga yang sudah melakukan penyimpangan seks berisiko maka diminta untuk segera lakukan pemeriksaan kesehatan, dan juga diharapkan tidak mengulangi lagi perilaku tersebut.(rza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: