>

Dikebut, Jalan Tol Tempino-Simpang Ness Fokus Pengerjaan Penggalian Tanah

Dikebut, Jalan Tol Tempino-Simpang Ness Fokus Pengerjaan Penggalian Tanah

Peta ruas jalan Tol Ness-Tempino-Bayung Lencir hingga ke Betung-Foto: Dok IG @pupr_bpjt -

''Untuk exit tol dari Tempino menuju Simpang Ness sepanjang 19 Km di daerah Pijoan tepatnya dekat SMA Titian Teras (TT),''ujar via whatshapp kepada Jambi Ekspres.

Susilawati menambahkan, untuk lahan exit jalan tol Ruas Tempino menuju Simpang Ness sudah dilakukan pembebasan.

''Saat ini lokasi pembebasan lahan sudah clear. Dan tinggal menunggu pengerjaan saja,''tambahnya.

Untuk diketahui, Jalan tol Betung-Jambi meruapakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera memilik panjang 169,9 km.

Jalan tol ruas Betung-Jambi terbagi menjadi 4 seksi yakni, seksi 1 Betung - Tungkal Jaya, Seksi 2 Tungkal Jaya - Bayung Lencir, Seksi 3 Bayung Lencir-Tempino dan Seksi 4 Tempino - Jambi/ Simpang Ness.

Terkait dengan pengerjaan Land Clearing Jalan Tol Tempino-Simpang Ness dibenarkan oleh Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Jambi (BPJN) Wilayah Jambi Ibnu Kurniawan.

“Sesuai arahan Pak Mentri pelaksanaan land clearing sudah harus dimulai dan di lapangan sudah dilaksanakan,” kata Ibnu.

Ibnu menjelaskan, pengerjaan pembersihan lahan direncanakan sepanjang 19 kilometer penanganan. Setelahnya akan dilanjutkan dengan konstruksi fisik.

“Seksi ini melalui skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha dengan Pembiayaan Berkala Berbasis Layanan (PBBL) PT Hutama Karya. Jadi dana nya bukan di kami,” terangnya.

Hal ini berbeda dengan tol Jambi sebelumnya ruas Bayung Lencir - Tempino (Baleno) Seksi 3 yang seluas 15,47 km itu.

“Berbeda Tol Baleno dananya ada di kita, kita tunjuk penyedia jasa untuk melaksanakan konstruksinya,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi  Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota Komisi V DPR RI H. Bakri melakukan peninjauan konstruksi Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino (Baleno) sepanjang 33 km yang berada di Kabupaten Muaro Jambi, Kamis (18/04/2024). Khusus untuk yang ada di Jambi Baleno Seksi 3 sepanjang 15,47 km.

Menteri Basuki berterimakasih kepada seluruh penyedia jasa/ kontraktor yang melaksanakan pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino dengan baik, sehingga dapat selesai sesuai target.

“Terima kasih kepada seluruh penyedia jasa konstruksi. Saya kira kualitas pekerjaannya sudah bagus, sudah hijau dan rapi. Tolong dipertahankan dan diawasi betul hingga target penyelesaian pada Juli 2024. Saya melihat tidak ada isu atau kendala yang berarti,” pesan Menteri Basuki.  

Direktur Jalan Bebas Hambatan, Direktorat Jenderal Bina Marga Triono Junoasmono menerangkan, saat ini progress fisik keseluruhan dari Jalan tol Bayung Lencir - Tempino sebesar 77 persen, yang terbagi menjadi 3 paket pekerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: