>

SKK Migas PetroChina Jabung Ltd Perkenalkan Eco Enzyme Ke Siswa SLB N Tanjung Jabung Timur

SKK Migas PetroChina Jabung Ltd Perkenalkan Eco Enzyme Ke Siswa SLB N Tanjung Jabung Timur

SKK Migas PetroChina Jabung Ltd Perkenalkan Eco Enzyme Ke Siswa SLB N Tanjung Jabung Timur--

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID - SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd terus melakukan pelatihan dan sosialisasi pembuatan cairan Eco Enzyme ke pelajar disekolah sekolah yang berada di wilayah operasional. Kali ini kegiatan sosialisasi dan pelatihan dilaksanakan di SLB Negeri Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim).

Kegiatan dibuka oleh Field Manager PetroChina International Jabung Ltd yang diwakilkan oleh Mulyono Eko selaku Staff Comdev saat diwawancarai mengatakan, bahwa SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd bekerjasama dengan Komunitas Eco Enzyme Jambi untuk memperkenalkan kepada peserta didik di sekolah untuk memanfaatkan dan mengolah sampah-sampah yang ada di sekitar untuk dijadikan cairan Eco Enzyme.

Kegiatan yang dilaksanakan, Selasa (11/6) pagi berjalan dengan lancar. Tampak hadir juga Ketua Komunitas Eco Enzyme Jambi, Junus, para guru beserta siswa siswi SLB Negeri Tanjung Jabung Timur selaku peserta.

"Kenapa kali ini siswa siswi SLB Negeri Tanjab Timur yang menjadi sasarannya, karena anak-anak didik berkebutuhan khusus ini juga perlu kita perkenalkan sejak dini. Kita tidak memandang kalau itu adalah suatu kekurangan, tapi merupakan suatu kelebihan," katanya.


Para guru beserta siswa siswi SLB Negeri Tanjung Jabung Timur--

Untuk pemberian materi memang agak berbeda dengan kegiatan yang sebelumnya. Karena di SLB ini para siswanya perlu ada pendampingan dari para gurunya untuk menerangkan apa yang disampaikan pemateri. 

"Kita minta pendampingan dari gurunya, seperti bahasa isyarat agar apa yang disampaikan bisa dimengerti oleh peserta," ungkapnya.

Ia berharap, dengan dilaksanakannya pelatihan pembuatan cairan Eco Enzyme kepada anak-anak sekolah berkebutuhan khusus ini dapat menjadi salah satu penggerak lingkungan, terutama dalam memanfaatkan limbah-limbah sampah organik dilingkungan tempat mereka tinggal.

Kasubag Tata Usaha SLB Negeri Tanjung Jabung Timur, Amiruddin mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd. Yang telah menggelar kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini disekolahnya, dimana pelatihan ini sangat memberi manfaat, terutama kepada siswa siswi disini yang memiliki kebutuhan khusus, dengan harapan mereka bisa menerapkan di kehidupannya sehari-hari. 

"Kami berharap kedepannya kegiatan ini bisa dilaksanakan lagi oleh PetroChina, baik itu Eco Enzyme maupun pelatihan pelatihan yang lainnya," harapnya.

Rapikatul Fauzah, salah satu siswi Kelas XI SMA yang tutur mengikuti kegiatan ini, merasa senang sekali dengan adanya kegiatan pelatihan ini. Dia mengaku tadi sempat diajarkan bagaimana mengolah sampah dapur, seperti kulit buah dan sampah sayuran untuk dijadikan cairan Eco Enzyme.

"Saya jadi tahu cara membuatnya. Sayur-sayuran bisa jadi Eco Enzyme, buah-buahan bisa jadi Eco Enzyme. Jadi semuanya bisa diolah jadi Eco Enzyme. Di rumah saya mau praktekan dan bisa mengajarkan ke kawan dan orang tua," ucapnya.

Kemudian Wimi Apriska, salah satu guru pendamping saat diwawancarai mengaku, pendampingan yang dilakukan kepada siswa yang berkebutuhan khusus tidak lah terlalu sulit, karena pelatihannya juga menarik dan cukup simpel untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari. Karena anak-anak ini di asrama juga makanannya buah-buahan dan sayur-sayuran, jadi mudah didapat.

"Kalau komunikasi dengan meraka tidak ada kesulitan, karena memang kami sudah terbiasa berinteraksi dengan mereka," sebutnya.(lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: