>

Tingkatkan Kualitas Produk UMKM Tanjabtim, SKK Migas PetroChina Adakan Pelatihan Design Kemasan Produk

Tingkatkan Kualitas Produk UMKM Tanjabtim, SKK Migas PetroChina Adakan Pelatihan Design Kemasan Produk

Tingkatkan Kualitas Produk UMKM Tanjab Timur, SKK Migas PetroChina Adakan Pelatihan Design Kemasan Produk dan Digital Marketing--

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pelatihan Design Kemasan Produk dan Digital Marketing yang diadakan SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tanjung Jabung Timur ini adalah salah satu bentuk kepedulian dan support untuk meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM di Tanjab Timur, Rabu (29/5) siang. 

Dihadapan 20 peserta terpilih yang mengikuti pelatihan yang berasal dari 11 kecamatan dalam Kabupaten Tanjung Jabung Timur, CSR Supervisor PetroChina International Jabung Ltd, Rina Putri mengatakan, dengan pelatihan ini SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dalam hal ini para pelaku UMKM.

"UMKM juga akan menjadi lebih mandiri, sukses dalam segi promosi, penjualan dan produknya dapat dikenal oleh masyarakat luas," harapnya.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Muhammad Awaludin saat diwawancarai sejumlah awak media mengungkapkan, pelatihan ini adalah bentuk kolaborasi antara SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd dengan Pemerintah Daerah untuk mengembangkan Industri Kecil Menengah.

"Memang yang membutuhkan pelatihan seperti ini adalah UMKM dalam meningkatkan produk kemasan dan digital marketing. Karena dengan design yang bagus dan marketing digital yang baik, diharapkan produktivitas, terutama terkait pemasaran produk dapat menjangkau masyarakat luas," ungkapnya.

Kadis perindustrian dan perdagangan Kabupaten Tanjung Jabung Timur meminta kepada peserta pergunakan pelatihan ini dengan baik,apalagi peserta yang hadir merupakan pilihan,"saya minta datang nya tertib dan menyimak materi dengan baik karena hal ini sangat penting untuk pengembangan usaha mereka ", tutur Awaluddin.

"Kegiatan hari ini harapan kami nantinya bukan hanya sebatas peserta yang mengikuti pelatihan saja, tapi juga dapat memberikan efek bagi UMKM lainnya, bahwa apabila pelaku UMKM yang ikut pelatihan nanti memilik ilmu cara membuat kemasan dan pengetahuan marketing yang baik, mereka juga bisa menularkannya ke para pelaku UMKM lainnya," sebutnya.

Muhammad Awaludin mengaku, bahwa kegiatan pelatihan dari SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd ini bukan kali ini saja. Tapi sebelumnya juga sudah banyak bantuan-bantuan yang diberikan perusahaan ini seperti sarana dan prasarana dalam pengembangan batik. 

"Bahkan SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd pernah juga membangun gedung Rumah Batik yang berada di Desa Pemusiran dan Desa Kota Baru, Kecamatan Geragai," sebutnya.

Harapan kedepannya, bagaimana kolaborasi ini dapat lebih diperluas lagi. Bukan hanya dari sisi jumlah pelatihannya, tapi dari sisi kualitas juga. Namun walau bagaimanapun harus disadari bahwa keterampilan pelaku UMKM itu juga merupakan kunci dari produktifitas.

"Harapan kami mudah-mudahan kedepannya SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd juga dapat meningkatkan dan menambahkan volume serta kualitas pelatihan dan bantuan," harapnya.(lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: