>

Fungsi, Lokasi dan Penampakan Islamic Center Jambi Senilai Rp 150 Miliar Kalau Jadi Nanti

Fungsi, Lokasi dan Penampakan Islamic Center Jambi Senilai Rp 150 Miliar Kalau Jadi Nanti

Pembangunan Jambi Islamic Center diklaim telah mencapai 60,02 persen pada Mei 2024 ini dan ditarget Rampung 2024-Foto: Dona Piscesika/Jambi Ekspres-

KOTAJAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Banyak yang penasaran bagaimana penampakan Jambi Islamic Center yang tengah dibangun Pemerintah Provinsi Jambi.

Apalagi Jambi Islamic Center bukanlah proyek kaleng-kaleng, nilainya saja mencapai Rp150 Miliar. Semua uangnya bersumber dari APBD Provinsi Jambi.

Jambi Islamic Center dibangun sejak tahun 2022 lalu dengan sistem multi years, artinya dibangun bertahap, tahun per tahun, dan biayanya dianggarkan juga bertahap, melalui APBD
 
Meski secara kasat mata proyek ini belum berdiri tinggi, belum mirip seperti desain gambar kerjanya, namun Pemprov Jambi Jambi mengklaim progres pembangunan Islamic Center telah mencapai 60,02 persen.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi Nasrul kepada media Senin (27/5/2024).

Kata Nasrul, kini terjadi peningkatan pekerjaan secara fisik, progresnya juga baik, bahkan kini, masih kata Nasrul, proyek ini tidak mangkrak sama sekali.


Penampakan Jambi Islamic Center dalam desain-Foto: Istimewa-

Fungsi dan Lokasi Jambi Islamic Center

Nantinya, Jambi Islamic Center akan berfungsi sebagai pusat pendidikan Islam Jambi dan juga tempat ibadah.

Jambi Islamic Center juga akan menjadi tempat sosialisasi yang memperkuat iman serta mempererat hubungan antar sesama umat Islam di Jambi.


Jambi Islamic Center ditarget rampung Desember 2024-Foto: Istimewa-

Jika ada yang penasaran, dimana Jambi Islamic Center  dibangun? Jawabannya di depan gerbang Bandara Sultan Thaha Jambi.

Jambi Islamic Center dibangun berhadapan dengan gerbang bandara dan lokasinya masih satu komplek dengan Arena MTQ, dekat dengan Taman Rimba Jambi atau Taman Mini Jambi.

Target Selesai Tepat Waktu, Kerja Dikebut

Agar Jambi Islamic Center bisa selesai tepat waktu, pihak kontraktor dalam hal ini PT.Karya Bangun Mandiri, telah menambah tenaga kerja di lokasi proyek.

Bahkan sejak 13 Mei 2024 jumlah tenaga kerja telah bertambah dari hari biasanya. "Kami optimis selesai sesuai target," ujar Riki, Project Manager PT KBM.


Denah Jambi Islamic Center dalam desain-Foto: Istimewa-

Pada 6 Mei lalu ada penambahan 70 tenaga kerja untuk pekerjaan arsitektur (bagian dalam) dan 20 tenaga kerja untuk pekerjaan baja.

Kini juga ditambah alat pendukung pekerjaan, diantaranya penambahan 1 crane tower guna mempercepat pekerjaan pengangkatan material berat.


Ditarget Rampung 2024, begini kondisi proyek Jambi Islamic Center per Mei 2024 -Foto: Dona Piscesika/Jambi Ekspres-

Jembatan akses menuju pintu gerbang sepanjang 115 meter pada sisi depan, juga telah dikerjakan.

Jambi Islamic Center ditarget bisa mulai digunakan pada Desember 2024 ini. (aba/dpc)




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: