Ada Sejak 1400 Tahun Lalu, Buah Satu Ini Bisa Buat Nambah Tinggi Badan Hingga Obati Wasir

Ada Sejak 1400 Tahun Lalu, Buah Satu Ini Bisa Buat Nambah Tinggi Badan Hingga Obati Wasir

Ilustrasi buah tin-Foto: honestdocs.id-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Telah ada sejak 1400 tahun masehi, buah tin adalah buah musiman yang ditemukan pertamakali  di Asia Barat.

Namun kini buah tin sudah dibudidayakan dan telah tersedia di banyak daerah di Indonesia.

Berikut 6 manfaat buah tin untuk Kesehatan:

1. Nambah Tinggi Badan

Buah tin mengandung kalsium yang sangat tinggi sehingga dapat di konsumsi sebagai produk pengganti susu khususnya bagi yang memiliki alergi pada produk susu hewani.

Buah ini cocok sekali untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tulang dan sendi terutama untuk anak-anak dan remaja yang masih dalam proses pertumbuhan.  
Jadi untuk Anda yang tetap ingin memiliki tulang yang kuat terutama anak-anak namun alergi dengan produk susu Anda dapat mencoba mengkonsumsi buah tin.
 
2. Menyembuhkan Encok dan Wasir

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit seperti encok dan wasir cobalah mengkonsumsi buah tin.

Abu Darda radhiallahu’anhu  meriwayatkan sabda Nabi SAW bahwa : “sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga, maka itulah buh tin. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok”. (di tuturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad).

Wasir merupakan salah satu penyakit yang sering kita jumpai di negara Indonesia, terutama bagi kaum orang tua atau orang-orang yang produktif dan bekerja sebagai rutinitas sehari-hari, tidak ada salahnya jika Anda mulai mencoba buah yang satu ini untuk menunjang kesehatan Anda.

3. Baik untuk yang Ingin Diet

Buah tin juga di nilai sangat baik untuk di konsumsi bagi para wanita maupun pria yang ingin mendapatkan berat badan ideal.

Namun karena persediannya yang terbatas dan belum begitu marak di pasaran, buah tin masih tergolong cukup mahal untuk kalangan tertentu.

Tentunya bukan hanya mengkonsumsi buah tin saja tetapi juga harus di imbangi dengan olahraga agar mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat.

4. Dapat mengontrol diabetes

The American Diabetes Association merekomendasikan buah tin sebagai makanan yang berserat tinggi yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pada penyakit diabetes.

Bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes cobalah untuk rajin mengkonsumsi buah tin.

5. Mengobati Anemia

Salah satu penyebab anemia yaitu karena kekurangan zat besi. Buah tin mengandung zat besi yang tinggi yang dapat mambantu pembentukan hemoglobin (Hb).

Buah ini sangat baik dikonsumsi untuk wanita hamil, wanita menstruasi dan juga remaja karena ketiganya beresiko untuk mengalami anemia apabila asupan zat besinya kurang.

6. Mencegah Hipertensi

Kebanyakan orang tidak sadar bahwa mereka telah mengkonsumsi sodium tinggi saat mengkonsumsi makanan asin yang kaya akan garam.

Padahal makanan tinggi sodium dan rendah kalium dapat menyebabkan hipertensi.

Berbeda dengan buah tin, kandungan kaliumnya dan sodiumnya rendah sehingga dapat menyehatkan jantung dan pembuluh darah tanpa menyebabkan darah tinggi. (***)

Berita ini telah tayang di bungopos.com dengan judul : 6 Manfaat Luar Biasa Buah Tin dalam Al-Quran


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: