Tersertifikasi ISO 37001, PetroChina Komitmen Terapkan Prinsip Kepatuhan Anti Penyuapan & Kejahatan Korporasi

Tersertifikasi ISO 37001, PetroChina Komitmen Terapkan Prinsip Kepatuhan Anti Penyuapan & Kejahatan Korporasi

Rudy Hermawan, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.IDPetroChina International Jabung Ltd telah mengaplikasikan ISO 37001: 2016 dalam menjalankan usahanya. Ini adalah langkah nyata PetroChina dalam mencegah penyuapan dan kejahatan korporasi lainnya.

Sebagai kontraktor kontrak kerjasama (KKKS) yang berada dibawah pengawasan SKK Migas, PetroChina tetap patuh dan menerapkan sistem manajeman anti penyuapan, PetroChina telah tersertifikasi ISO 37001: 2016 (Anti Bribery Managemen System) sejak Desember 2019 hingga tahun 2022 dan telah dievaluasi kembali dan diperpanjang  hingga  15 Desember 2025 nanti.

PetroChina akan terus berkomitmen melaksanakan dan mempertahan ISO 37001 Sistem Majemen Anti Penyuapan ,"papar M Yuda Ramdani, perwakilan dari sekertariat fungsi kepatuhan anti penyuapan (FKAP) PetroChina International Jabung Ltd, saat kegiatan Sosialisasi dan Pemantapan Pemahaman Proses Perizinan Melalui Sistem Online Single Submission (OSS), Senin 13 Mei 2024 di Hotel BW Luxury, Jambi.

Dengan penerapan ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Penyuapan tersebut, dapat dipastikan bahwa PetroChina secara tegas melarang segala bentuk praktik penyuapan dalam bentuk apapun (zero tolerance).

Sesuai Inpres No. 10 tahun 2016, Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menetapkan SNI ISO 37001 SMAP untuk membantu organisasi mengendalikan praktek penyuapan dengan cara mencegah, mendeteksi, melaporkan dan menangani tindak penyuapan.

“Ini merupakan program sebagai bentuk komitmen kita sebagai pegiat anti korupsi,” tegas Agung Bratanata, Koordinator FKAP Jabung Field Fungsi Kepatuhan Anti Penyuapan.

Kebijakan ini berlaku untuk seluruh manajemen, pegawai, tenaga alih daya yang berkerja di PetroChina termasuk keluarganya.

Dijelaskannya ada beberapa hal yang dilakukan dalam menerapkan ISO 37001 : 2016, yang pertama adalah dibentuknya Fungsi Kepatuhan Anti Penyuapan dengan melibatkan karyawan sebagai pegiat ISO 37001 untuk menggerakkan dan memperkenalkan sistem ini, hal kedua bahwa setiap unit kerja atau departmen melakukan mitigasi resiko penyuapan agar bisa dilakukan deteksi dini atau pencegahan Tindakan penyuapan,  hal ketiga bahwa semua program yang dilakukan harus berkelanjutan baik di internal perusahaan maupun relasi eksternal yaitu dengan melakukan sosialisasi kepada stekholder bahwa PetroChina International Jabung Ltd. telah tersertifikasi dan menerapkan ISO 37001:2016.

Pada sistem manajemen anti penyuapan PetroChina menerapkan prinsip “ 4 NO’S”, yaitu No Bribery (menolak atau menghindari bentuk penyuapan maupun pemerasan), No Kickback (menolak atau menghindari komisi dan tanda terima kasih), No Gift (menolak atau menghindari pemberian hadiah atau gratifikasi yang dilarang) dan No Luxurious Hospitality ( menolak atau menghindari penyambutan atau perjamuan yang berlebihan)

“Tetapi hal penting yang harus kita ingat adalah sebaik apapun system, hal terbaik adalah integritas individu dan membentuk budaya kerja anti suap, untuk itu kita selalu mempropagandakan program ini, seperti yang saat ini sedang kita lakukan dalam acara sosialisasi dan pemantapan pemahaman proses perizinan melalui system OSS ini.” kata Agung Bratanata.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: