PJ Walikota Jambi Buka Diklat Pemadam, Upaya Peningkatan Kapasitas Pemadam Kebakaran

PJ Walikota Jambi Buka Diklat Pemadam, Upaya Peningkatan Kapasitas Pemadam Kebakaran

PJ Walikota Jambi Buka Diklat Pemadam, Upaya Peningkatan Kapasitas Pemadam Kebakaran--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan hingga kualitas personel Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi, kemarin (24/4/2024), PJ Walikota Jambi membuka Diklat Pemadam 1, di aula Mako Damkar Kota Jambi.

Pj Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih mengatakan, diklat ini juga sebagai peningkatan kapasitas bagi pemadam kebakaran, yang tidak hanya memadamkan api.

“Namun juga menjadi penyelamat, menjadi pelayanan untuk masyarakat, khususnya di Kota Jambi,” katanya, Rabu (24/42024).

Tak hanya soal kapasitas sebagai pemadam kebakaran, Sri juga mengingatkan, agar para personel Damkar Kota Jambi khususnya, dapat melakukan langhkah cepat dalam melakukan pemadaman, quick respon agar kerugian besar dapat diminimalisir.

“Kita harus ikut bagaimana penanggulangan yang dibuat tim Damkartan dalam peletakan pengamanan. Agar tidak terjadi kebakaran, dan juga harus quick respon," ujarnya.

Kemudian ia juga mengingatkan, mengenai pasca kebakaran yang mana dapat memastikan bangunan agar tetap aman.

"Selain api padam, pastikan bangunan tersebut aman, agar bisa dimanfaatkan lagi dengan demikian APBD juga akan terbantu," jelasnya.

Menyinggung keterbatasan APBD, Sri mengatakan, ada Perda Kota Jambi yang mengatur soal pemberian bantuan terhadap korban bencana kebakaran dan lainnya.

“Yang mana memberikan bantuan terhadap kerusakan bangunan yang parah kepada korban kebakaran dengan kriteria dan ukuran tertentu,” jelasnya.

Sri Purwaningsih juga mengingatkan, kepada peserta pendidikan dan pelatihan tersebut untuk fokus mengikuti pendidikan dan pelatihan serta saling bersinergi.

"Ada instruktur, praktik, jangan tegang dan stres, terus fokus dengan mengkosongkan pikiran, serta ikuti arahan instruktur dan tentunya harus saling bersinergi," tutupnya. (hfz)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: