>

Sekda Tutup Pelatihan Drone Aerial Mapping Project Kerja Sama Pemkot Jambi Dan Temasek Polytechnic Singapore

Sekda Tutup Pelatihan Drone Aerial Mapping Project Kerja Sama Pemkot Jambi Dan Temasek Polytechnic Singapore

Mewakili Pj Wali Kota, Sekda Tutup Pelatihan Drone Aerial Mapping Project Kerja Sama Pemkot Jambi Dengan Temasek Polytechnic Singapore-Foto: istimewa-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sekretaris Daerah (Sekda) A Ridwan menutup secara resmi kegiatan pelatihan Drone Aerial Mapping Project kerja sama antara Pemerintah Kota Jambi dengan Temasek Polytechnic Singapore, bertempat di Aula Griya Mayang Rumah Dinas Jabatan Wali Kota Jambi, Selasa (13/8/24) malam.


Di awali dengan tari “Persembahan Selamat Datang”, penutupan Pelatihan Drone Aerial Mapping Project kerja sama antara Pemerintah Kota Jambi dengan Temasek Polytechnic Singapore itu turut dihadiri Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Fahmi, Kepala Bappeda Suhendri, Kabag Kerja Sama Setda Kota Jambi Mohd. Andri Al Varabi, sejumlah Kepala Perangkat Daerah dilingkup Pemkot Jambi, serta perwakilan Akademisi dan para peserta pelatihan Drone Aerial Mapping Project.

Mengawali sambutannya, atas nama Pemerintah Kota Jambi Sekda A Ridwan turut mengucapkan selamat merayakan Singapore National Day ke 59 Tahun yang dirayakan setiap tanggal 9 Agustus, dan selamat datang di Bumi Tanah Pilih Pusako Betuah Kota Jambi kepada Mr. Aw Tuan Kee selaku CEO Temasek Polytechnic dan segenap delegasi Temasek Polytechnic Singapore di Kota Jambi.

"Oleh karenanya bulan Agustus merupakan bulan yang memiliki makna yang sangat penting bagi Indonesia dan Singapore, semoga melalui momentum baik ini, hubungan kerja sama antara Pemerintah Kota Jambi dengan Temasek Polytechnic semakin erat dan produktif serta terus memberikan dampak positif bagi kita semua," ujarnya.

Ridwan mengungkapkan, di tahun 2024 ini tiga sesi pelatihan telah berjalan dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan pelatihan Drone Mapping yang dilaksanakan sejak bulan Februari hingga Juli lalu.

"Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar sesuai harapan kita bersama. Untuk itu kami atas nama Pemerintah Kota Jambi mengucapkan banyak terima kasih kepada Temasek Polytechnic atas fasilitas-fasilitas dan ilmu yang didapatkan oleh para peserta pelatihan dalam mengikuti pelatihan ini," ungkap Sekda.
 
Lebih lanjut, Sekda berharap, kerja sama pelatihan-pelatihan dengan Temasek Polytechnic ini, khususnya pada pelatihan drone tidak hanya sampai program tersebut, namun bisa menjajaki bentuk-bentuk pelatihan dan kerja sama lainnya.

"Untuk sahabat kami dari Temasek Polytechnic kami siap fasilitasi dan akan menerima dengan tangan terbuka. Untuk itu kami tunggu diskusi-diskusi lebih lanjut dan Bagian Kerja Sama Setda Kota Jambi selaku leading sector untuk terus intens menjalin komunikasi yang baik," harapnya.

Sekda  juga mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang telah mengkoordinasikan dan terlibat dalam penyiapan pelatihan hingga penutupan.

"Saya pesankan kepada para peserta yang telah melaksanakan pelatihan ini, agar semua terus menjalankan tugas dan fungsi dengan baik, Ikhlas dan sepenuh hati," pesannya.

Selain itu, Ridwan juga mendorong agar Perangkat Daerah dilingkup Pemkot Jambi bisa memiliki setidaknya satu drone guna memudahkan dalam pekerjaan.

"Kita coba mendorong untuk penganggaran drone ini, khususnya Perangkat Daerah yang prioritas. Salah satunya di Dinas PUPR dan Lingkungan Hidup," pungkas Sekda.

Sebelumnya, Kabag Kerja Sama Setda Kota Jambi, Mohd. Andri Al Varabi dalam laporannya menyampaikan, dari tiga edisi pelatihan Drone Aerial Mapping ke Singapura tersebut, Pemkot Jambi memberangkatkan sebanyak 25 orang peserta.

"25 orang di tiga edisi tersebut dengan peserta yang sama, dan Alhamdulillah telah terlaksana dengan baik sebagaimana yang telah direncanakan,” sebutnya.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak yang turut mensupport kegiatan tersebut.

“Terimakasih yang sebesarnya atas support Temasek Polytechnic Singapore serta semua pihak yang terlibat menyukseskan program ini, khususnya bapak Sekda atas bimbingannya serta dukungan penuh dan arahan dari Ibu Pj Wali Kota, sekali lagi izinkan kami mengucapkan terimakasih,” singkatnya.

Sementara itu, CEO Temasek Polytechnic, Mr. Aw Tuan Kee mengatakan, pelatihan Drone Aerial Mapping Project kerja sama antara Pemerintah Kota Jambi bersama Temasek Polytechnic Singapore merupakan sebuah komitmen yang telah terjalin.

"Keberlanjutan merupakan misi utama Temasek Politeknik, dan kami sangat senang melihat hal ini tercermin dalam upaya kolaboratif bersama Pemkot Jambi, yang sejalan dengan visi bersama kami tentang masa depan yang tangguh dan berkelanjutan," ujar CEO Temasek Polytechnic.

Dia juga mengapresiasi dedikasi jajaran Pemkot Jambi yang berpartisipasi dalam program tersebut yang sudah berjalan sejak Februari lalu.

"Selama beberapa bulan terakhir, kami telah menyaksikan kemajuan dan dedikasi luar biasa dari para pejabat Pemkot Jambi yang berpartisipasi dalam program ini. Komitmennya untuk mempelajari dan menguasai pengoperasian, pertama pada bulan Februari, kemudian pada bulan Mei di Singapura, dan terakhir pada bulan Juli di Kota Jambi, benar-benar menginspirasi," jelasnya.

Lebih lanjut, dirinya juga menekankan, pelatihan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis tetapi juga keterampilan baru di bidang pertanian, pemantauan lingkungan, dan keselamatan publik. Selain itu, teknologi tersebut katanya dapat merevolusi industri, meningkatkan efisiensi, dan mendorong pembangunan berkelanjutan.

"Para pelatih kami di Politeknik Temasek juga telah memperoleh wawasan berharga melalui interaksi bersama para pejabat Pemkot Jambi. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui pelatihan ini akan berdampak signifikan pada pembangunan dan inovasi. Teknologi ini dapat merevolusi industri, meningkatkan efisiensi, dan mendorong pembangunan berkelanjutan," sebutnya.

Dirinya optimis, keahlian baru jajaran Pemkot Jambi yang mengikuti pelatihan Drone Aerial Mapping ini akan menghasilkan banyak manfaat bagi masyarakat di Kota Jambi.

"Keberhasilan program pelatihan Pemetaan Udara Drone merupakan cerminan dari visi bersama dan komitmen terhadap keunggulan yang dijunjung tinggi oleh Kota Jambi dan Temasek Polytechnic. Melalui kemitraan seperti ini, kami dapat mendorong inovasi, mengatasi tantangan global, dan menciptakan dampak yang berkelanjutan," ucapnya.

Pada kesempatan itu, CEO Temasek Polytechnic juga mengapresiasi keramahtamahan jajaran Pemkot dan masyarakat kota Jambi yang dirasakannya bersama tim selama berkunjung di kota Jambi.

"Sebagai bentuk pengakuan atas keberhasilan kerja sama ini dan sebagai simbol penghargaan kami, saya merasa terhormat atas keramahtamahan kota Jambi ini. Kedepannya, saya yakin bahwa kita akan terus bekerja sama, mendorong inovasi, pertukaran pengetahuan, dan niat baik. Semoga ikatan yang telah kita jalin disini terus menguat dan mendukung tujuan bersama," tukasnya.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan dari Temasek Polytechnic berupa 1 unit drone lengkap dengan thermal camera (kamera pendeteksi panas) untuk pengambilan data pemetaan beserta 1 unit laptop untuk mengolah data pemetaan kepada Pemkot Jambi yang diterima langsung oleh Sekda Kota Jambi A Ridwan.

Di akhir acara Sekda turut pula menyerahkan cinderamata atas nama Pemerintah Kota Jambi kepada delegasi Temasek Polytechnic Singapore. (hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: