Pemprov Jambi Ajukan 3 Nama Calon Pj Muaro Jambi, Berikut Nama-Namanya

Pemprov Jambi Ajukan 3 Nama Calon Pj Muaro Jambi, Berikut Nama-Namanya

Ilustrasi calon Pj Muaro Jambi dan Sarolangun--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Gubernur Jambi Al Haris sudah mengajukan nama pengganti Penjabat (Pj) Bupati Sarolangun dan Muaro Jambi yang berakhir pada 22 Mei mendatang. Usulan tiga nama itu diajukan lantaran batas akhir upload yang ditetapkan Kemendagri pada Senin 1 April.

Hal itu dibenarkan oleh Gubernur.  "Senin kita upload karena memang kemarin harus masuk ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yakni usulan Pj Bupati Muaro Jambi dan Sarolangun," terang Haris.

Al Haris belum mau mengungkapkan nama usulannya. Namun yang jelas ia sudah memerintahkan Kepala Biro Pemerintahan dan Otoda untuk menyeleksi nama-nama pejabat. "Telah kita upload di aplikasi Kemendagri, usulannya disusun hingga malam Senin," ungkapnya.

Haris menegaskan dirinya hanya bersifat mengusulkan ke Kemendagri. Dan setelah itu semuanya adalah keputusan Mendagri dan Presiden. Bahkan Al Haris mengakui boleh kembali diusulkan Penjabat Bupati yang telah dua kali ditunjuk. "Boleh, masih bisa," akunya.

Hal itu juga diakui oleh Kepala Biro Pemerintahan dan otoda Provinsi Jambi Lutpiah. Kata Dia. Ada surat terbaru pusat yang menerangkan Pj Bupati yang telah dua kali ditunjuk dapat ditunjuk kembali untuk tahun berikutnya. "Ia kita menerima surat itu, begitu isinya bisa diusulkan kembali," sampainya.

Namun ia belum memastikan apakah nama Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni yang telah 2 kali ditunjuk sebagai Pj kembali diusulkan Gubernur Jambi.

Bachyuni sendiri adalah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jambi yang telah dua kali ditunjuk yakni mulai 2022 hingga 2024

Tahun terakhir ia dikukuhkan bersamaan dengan Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri yang berasal dari Kemendagri.

Serta Pj Bupati Tebo Aspan. Ketiganya ditegaskan Gubernur memimpin 3 Kabupaten masing-masing pada 22 Mei 2023 lalu. Atau jabatannya akan berakhir pada 22 Mei 2024 ini.

Pj Bupati Tebo Aspan sendiri telah pensiun dan telah ditunjuk penggantinya pada 1 April lalu. 

Dari penelusuran Jambi Ekspres pada sumber di Pemprov untuk Pj Bupati Muaro Jambi dari usulan Gubernur beredar nama seperti Kepala Dinas P3AP2 Provinsi Jambi Raden Najmi.

Lalu Kadis Kesehatan Fery Kusnadi, dan ada nama lainnya seperti Sekda Muaro Jambi Budhi Harto yang diusulkan. Juga tak menutup kemungkinan satu nama lainnya adalah Bachyuni Deliansyah yang bisa diusulkan kembali. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: