BUMN Dukung Penuh Penyelenggaraan Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

BUMN Dukung Penuh Penyelenggaraan Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

BUMN Dukung Penuh Penyelenggaraan Mudik Asyik Bersama BUMN 2024--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID– BUMN berkomitmen penuh dalam mendukung penyelenggaraan mudik yang lancar, aman, dan nyaman dalam menciptakan pengalaman mudik ceria dan penuh makna. Beberapa BUMN yang terlibat dalam penyelenggaraan mudik kali ini diantaranya PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Kereta Api Indonesia (Persero), dan PT Jasa Raharja.

Dalam konferensi pers Peran BUMN dalam Mudik Lebaran Tahun 2024 yang berlangsung di Media Center, Kementerian BUMN, Jakarta, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, menyampaikan bahwa berdasarkan update terakhir, program mudik gratis bertema “Mudik Asyik Bersama BUMN” tahun ini diikuti sebanyak 88 BUMN. Tahun ini, setidaknya ada 88 BUMN yang turut berpartisipasi yang siap melayani lebih dari 80.215 pemudik.

Para pemudik akan diberangkatkan melalui tiga moda transportasi, yakni 1.225 unit bus, 60 unit kereta api dan 15 unit Kapal Laut dengan tujuan lebih dari 200 kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Salah satu tujuan dari mudik gratis ini, antara lain untuk membantu masyarakat ekonomi menengah ke bawah dan meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas dengan pengalihan penggunaan sepeda motor ke moda bus, kereta api, dan kapal,” ujar Rivan.

Pendaftaran Mudik Bersama BUMN 2024 yang telah dibuka secara online sejak beberapa minggu kini sudah memasuki tahap verifikasi data. Rencananya, seremonial pemberangkatannya, yakni kereta api dari Stasiun Pasar Senen pada 2-4 April, dan keberangkatan bus dari Silang Monumen Nasional, Jakarta, pada 5 April 2024.

Lebih lanjut Rivan menyampaikan bahwa selain turut serta menyelenggarakan mudik gratis, setiap tahun Jasa Raharja juga selalu berkontribusi aktif dalam berbagai kegiatan dan pengamanan Operasi Ketupat yang dilaksanakan Kepolisian. Tahun ini, salah satu langkah strategis yang dilakukan Jasa Raharja adalah berkoordinasi aktif dengan 5 pilar keselamatan lalu lintas melalui Forum Komunikasi Lalu Lintas (FKLL), berkontribusi aktif dalam 22 pos pelayanan terpadu, menyiapkan 102 mobil unit keselamatan lalu lintas.

“Tentunya kami juga terus bersinergi dalam berbagai program pencegahan kecelakaan, meningkatkan kepatuhan dan ketertiban masyarakat, hingga melakukan survei jalur untuk pemetaan titik-titik wilayah yang menjadi lokasi rawan kecelakaan di sepanjang jalur mudik,” ujar Rivan.

Khusus mudik gratis yang dilaksanakan Jasa Raharja, ditargetkan dapat mengangkut 20 ribu pemudik ke berbagai wilayah di Indonesia. Jasa Raharja telah menyiapkan sedikitnya 104 bus dan 26 rangkaian kereta api.

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menyelenggarakan angkutan Lebaran 2024 selama 22 hari yakni 31 Maret s.d 21 April 2024. Selama periode tersebut, KAI menyiapkan 4.222.058 tempat duduk yang terdiri dari 3.283.204 tempat duduk KA Jarak Jauh dan 938.854 tempat duduk KA Lokal. Jumlah ini lebih banyak 10% dibandingkan realisasi penumpang Angkutan Lebaran 2023 yakni sebanyak 3,8 juta penumpang.

Pada Angkutan Lebaran 2024 ini, total terdapat 8.678 perjalanan kereta api Jarak Jauh dan Lokal atau rata-rata 394 perjalanan KA per hari. Jumlah total perjalanan KA tersebut sudah termasuk 1.242 perjalanan KA tambahan yang terdiri dari 1.154 perjalanan KA Jarak Jauh tambahan dan 88 perjalanan KA Lokal tambahan.

Guna mendukung perjalanan kereta api pada masa Angkutan Lebaran tersebut, KAI menyiapkan sarana berupa 472 unit lokomotif, 1.872 unit kereta, dan 99 unit KRD.

“Kami memprediksi puncak arus mudik terjadi pada H-4 Lebaran atau pada tanggal 6 April 2024. Adapun puncak arus balik terjadi pada H+3 Lebaran atau pada tanggal 14 April 2024,” ujar Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa

Berbagai fasilitas tambahan KAI hadirkan pada periode Angkutan Lebaran 2024 untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Di antaranya pemberian takjil gratis kepada pelanggan di 21 stasiun besar pada H-10 s.d H-1 Lebaran atau tanggal 31 Maret s.d 9 April 2024.

KAI juga menyiagakan petugas Customer Service Mobile (CSM) sebanyak 150 orang yang tersebar di 33 stasiun untuk membantu pelanggan secara fleksibel. Serta menambah 591 petugas tenaga kebersihan yang akan memastikan kondisi kereta api dan stasiun senantiasa bersih dan higienis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: