Safari Ramadan Bersama Masyarakat Seberang, UNJA Siap Dorong Visi Agamis, Maju, dan Berbudaya

Safari Ramadan Bersama Masyarakat Seberang, UNJA Siap Dorong Visi Agamis, Maju, dan Berbudaya

Safari Ramadan Bersama Masyarakat Seberang, UNJA Siap Dorong Visi Agamis, Maju, dan Berbudaya--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Hangatnya silaturahmi kegiatan safari Ramadan Universitas Jambi (UNJA) kembali terjalin antara pimpinan dan civitas akademika UNJA dengan masyarakat sekitar. Pada hari keempat penyelenggaraan safari Ramadan, dilaksanakan di Masjid Al-Imanul Jamil, Kel. Olak Kemang, Seberang Kota Jambi, pada hari Kamis, (21/3/24).

Kegiatan safari Ramadan kembali dipimpin oleh Rektor UNJA, Prof. Dr. Helmi, S.H., M.H., yang didampingi oleh para Guru Besar, Dosen, ketua dan anggota DWP, serta para civitas akademika UNJA lainnya yang berjumlah kurang lebih 30 orang.

Rektor UNJA kembali menegaskan bahwa kegiatan safari Ramadan bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara keluarga besar UNJA dengan masyarakat Seberang Kota Jambi. “UNJA adalah bagian dari masyarakat Jambi. Tujuan dari kegiatan ini adalah silaturahmi dan saling memberikan manfaat, sesuai dengan misi kita yaitu mendekatkan UNJA kepada masyarakat, supaya masyarakat lebih dekat dengan UNJA. Masyarakat adalah tempat kami mengabdi dan UNJA adalah tempat masyarakat menimba ilmu,” ujar Rektor.

Tim safari Ramadan UNJA disambut langsung oleh Ketua Kumpulan Masyarakat Jambi Kota Seberang (KMJKS), H. Fachruddin Rozi. Ia menceritakan tentang dua Guru Besar UNJA yang berasal dari Kota Seberang yaitu, Prof. Dr. Shofia Amin, S.E., M.Si., dan Prof. Dr. Dra. Muazza, M.Si. Kedua Guru Besar tersebut merupakan dua Guru Besar wanit pertama yang ada di daerah Seberang Kota Jambi.

Fachruddin Rozi juga berharap adanya riset dan pengabdian di Seberang karena banyak sekali objek-objek yang perlu diteliti dari sisi sosial dan ekonomi. “Safari Ramadan merupakan salah satu program yang baik. Kami semua, forum-forum FKMJKS, forum pengurus masjid, lembaga adat, ulama, pengurus pesantren, dan guru, semua hadir dalam kegiatan ini. Saya berharap kita bisa menyatukan program dari UNJA dan KMJKS, dan berharap jika ada riset pengabdian di Seberang, banyak sekali objek-objek yang perlu diteliti dari sisi sosial dan ekonomi di Seberang. Sesuai dengan visi KMJKS, yaitu agamis, maju, dan berbudaya, tidak lepas dari agama dan akidah. UNJA adalah aset daerah,” ungkapnya.

Pengurus masjid sekaligus tuan rumah, M. Kamal Fathoni, S.Hum., M.H., secara pribadi juga mengundang civitas akademika UNJA untuk melaksanakan buka bersama di kediamannya. Ia turut mengungkapkan harapannya agar safari Ramadan dapat berjalan lancar dan semakin mendekatkan UNJA dengan masyarakat di Kota Jambi.

Pada safari Ramadan keempat ini, Dr. H. Rafiqi, MA., bertugas menjadi imam shalat Isya, dengan Dr. H. Muhammad Iqbal Bafadhal menjadi imam shalat tarawih, dan Ustaz Kemas Abdurrahman menyampaikan kultum siraman rohani.

Dalam kultumnya, Ustaz Abdurrahman mengajak para jemaah untuk melaksanakan tiga amalan yang tidak akan merugi, yaitu membaca Al-Quran, mendirikan shalat, dan bersedekah sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Al-Quran (Q.S. Fathir: 29 – 30). (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: