Sejumlah Kadis Pemprov Masuki Masa Pensiun, Al Haris Beri Sinyal Tetap Ada Etnis Batak Didalam Kabinet-nya

Sejumlah Kadis Pemprov Masuki Masa Pensiun, Al Haris Beri Sinyal Tetap Ada Etnis Batak Didalam Kabinet-nya

Gubernur Jambi Al Haris--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Sejumlah jabatan Kepala Dinas di OPD Pemprov Jambi akan memasuki masa pensiun pada beberapa bulan mendatang. Gubernur Al Haris menyatakan akan membuka lelang jabatan dan tetap memperhatikan keberagaman etnis di dalam Kabinet Jambi Mantap-nya.

Terkait hal itu, Al Haris mengatakan pihaknya akan melakukan asesmen (penilaian) untuk pejabat. 

"Kita akan lelang terbuka. Jadi kami akan lelang, kita ingin mencari orang dengan figur yang tepat," ucap Gubernur Al Haris kepada Jambi Ekspres.

Ditanya apakah akan kembali memilih etnis batak, seperti tradisi tak tertulis yang ada di Pemprov Jambi untuk menjaga keberagaman, Haris menyebut tetap mempertimbangkan itu. Hal ini lantaran perwakilan etnis Batak pada diri Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bahari Panjaitan akan purna tugas.

"Saya punya nama yang disiapkan , tetap Batak karena itu Boru kita itu," akunya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman mengatakan akan dilakukan seleksi terbuka untuk beberapa jabatan Kepala OPD Pemprov yang saat ini kosong.

 "Ada beberapa job yang akan dilelang termasuk Kepala Biro Hukum, Kepala Biro Organisasi. Serta dalam catatan kami akan dilelang juga 6 Kepala OPD yang akan memasuki masa pensiun (purnabakti)," terang Sekda.

Dari penelusuran Jambi Ekspres, terdapat tradisi tak tertulis yang pada pejabat yang menempati eselon II atau Kepala Dinas Pemprov. Seperti sejak zaman Gubernur Zulkifli Nurdin yang melantik Saut Sihite sebagai Kepala Bapemproda, kemudian Saut juga dipertahankan oleh Gubernur selanjutnya Hasan Basri Agus (HBA).

Lalu ada nama lain, Benhard Panjaitan  dilantik oleh HBA dan dipertahankan oleh Gubernur Zumi Zola hingga pensiun.

Selanjutnya, Bahari Panjaitan yang dilantik Gubernur Fachrori Umar sebagai Kepala Disnakertrans Provinsi Jambi dan dipertahankan Gubernur Al Haris hingga pensiun pada bulan Mei 2024 ini. 

Menarik ditunggu, apakah akan berlanjut pejabat etnis Batak yang dilantik Gubernur Al Haris sepeninggal Bahari Panjaitan yang akan segera pensiun. 

Adapun sejumlah Kepala Dinas Pemprov lainnya yang akan pensiun adalah Kepala Dinas PUPR M.Fauzi, Sekretaris Dewan Provinsi Jambi Amir Hasbi, dan Kepala Dinas Perkebunan Agusrizal. Serta ada jabatan yang kosong dan saat ini diisi Pelaksana Tugas (Plt) sebagai Biro Organisasi dan Biro Hukum.(aan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: