Diniyyah Al-Azhar Jambi Bersiap Menuju Kualitas Pendidikan Berstandar Internasional

Diniyyah Al-Azhar Jambi Bersiap Menuju Kualitas Pendidikan Berstandar Internasional

: Dr. Iskandar, S.Ag.,M.Pd.,M.S.I.,M.H. Dosen UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang ditunjuk Yayasan Diniyyah Al-Azhar untuk mengkoordinir Quality Assurence-Foto: Istimewa-

oleh : Dr. Iskandar, S.Ag.,M.Pd.,M.S.I.,M.H.

Diniyyah Al-Azhar Islamic Education Centre Jambi di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Diniyyah yang berpusat di Muara Bungo dan telah memiliki cabang di Kota Jambi, Muara Tebo dan Muara Bulian.

Dengan unit pendidikan terlengkap di Provinsi Jambi (PAUD, TK, SD IT, SMP IT, SMA IT sampai Perguruan Tinggi).  

Pada tahun 2024 ini Diniyyah Al-Azhar berkomitmen memulai membangun dan mengimplementasikan manajemen sistem standar Internasional (ISO 9001:2015 & ISO 21001:2018) serta mempersiapkan pembukaan kelas Internasional, dengan menerapan kurikulum merdeka belajar, kurikulum Cambridge University Press, kurikulum Azhari Mesir, dengan model menyelaraskan standar nasional dengan kerangka kerja berkelas internasional menuju kualitas pendidikan berstandar internasional.
 
Program prioritas yang  sedang dijalankan di Diniyyah Al-Azhar yaitu (1) penguatan karakter Islami sebagai basic utama untuk  bagi peserta didik dan pendidik; (2) menerapkan kurikulum nasional dan kurikulum internasional (Cambridge University Press) pada pembelajaran bahasa Inggris dan kurikulum Azhari Mesir untuk bidang keagamaan (Tarbiyah Islamiyah, bahasa Arab), (3) Tahfidzul Qur’an), dan (4) Literasi Qur’ani, literasi Digital, Literasi Sains dan Teknologi, serta (5) Program prestasi melalui Telent School. Dengan menerapkan kebijakan prioritas ini, menunjukkan bahwa kiprah Diniyyah Al-Azhar untuk melahirkan generasi yang berorientasi Imtaq dan iptek tidak perlu kita ragukan lagi dan sudah teruji.

Keberhasilan program prioritas Diniyyah Al-Azhar membangun karakter Islami peserta didik, Pendidikan dan lingkungan belajar yang disertai dengan menyelaraskan penerapan kurikulum nasional, kurikulum Internasional (Cambridge University; Azhari Mesir) yang merupakan proses pembelajaran yang tersistem secara keseluruhan dan  harus berjalan dengan baik dengan dikawal dengan manajemen sistem modern dengan standar yang terukur.

Sejalan dengan itu, peningkatan kualitas penyelenggara pendidikan baik dari Sumber Daya Manusia (SDM), informasi, prosedur/persyaratan, pembiayaan, sarana dan prasarana serta pelayanan pendidikan diharapkan dapat dirasakan oleh siapapun termasuk pihak berkepentingan.

Diniyyah Al-Azhar sebagai lembaga pendidikan berkomitmen untuk memenuhi kepuasan pihak berkepentingan (peserta didik, orang tua, pemerintah dan masyarakat), maka sekolah melibatkan secara total semua komponen sekolah, mengadakan pengukuran dan evaluasi diri terhadap kemajuan lembaga pendidikan yang dikelolanya, peningkatan atau perbaikan mutu pendidikan yang diselenggarakannya secara menyeluruh terhadap semua komponen/subsistem lembaga pendidikan dan mengadakan perbaikan mutu pendidikan secara berkesinambungan untuk menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan jaman dan memenuhi atau melebihi harapan dan kebutuhan pihak berkepentingannya.

Diniyyah Al-Azhar yang menjalankan misi pendidikan  yang merupakan suatu sistem pada lembaga pendidikan yang utuh yang terdiri dari komponen-komponen atau sub sistem yang saling berhubungan, saling terkait dan saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya dalam mencapai tujuan pendidikan.

Komponen atau sub sistem pendidikan meliputi kurikulum dan pembelajaran, organisasi dan kelembagaan, manajemen dan administrasi, ketenagaan, siswa, pembiayaan, sarana dan prasarana, peran serta masyarakat dan iklim/budaya sekolah.

Untuk menyikapi kondisi tersebut, salah satu langkah strategis yang diambil Yayasan Diniyyah Al-Azhar yang membawahi Sekolah dan Perguruan Tinggi, mulai dari PAUD/TK, SD IT, SMP IT, SMA IT dan STKIP-AD serta STIT-AD adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan melalui membangun dan implementasi standar ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 sebagai sarana untuk menerapkan standarisasi pelayanan dan program yang dijalankan, agar dapat memberikan pelayanan yang bermutu dengan standar Internasional.

Dr. Iskandar, S.Ag.,M.Pd.,M.S.I.,M.H. Dosen UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang ditunjuk Yayasan Diniyyah Al-Azhar untuk mengkoordinir Quality Assurence yang telah memulai mengambil langkah-langkah strategis untuk membangun dan  mengimplementasi sistem manajemen Internasional (IS0 9001:2015 dan ISO 21001:2018) dengan mulai dari building awerness pentingnya membangun sistem untuk lembaga pendidikan, Gap Analisys yang memverifikasi kondisi dokumen saat ini untuk menyelaraskan dengan persyaratan standar ISO, memetakan dan memastikan risk manajemen dari PAUD, SD IT, SMP IT, SMA IT dan Perguruan Tinggi, dan menjalankan proses manajemen dengan penerapan pendekatan PDCA (Plan, Do, Ceck, Action)  Continuous Improvement dan InsyAllah ditargetkan pada akhir tahun 2024 ini Diniyyah Al-Azhar Jambi akan meraih sertifikat ISO 9001:2015 & ISO 21001:2018.

Adapaun manfaat Diniyyah Al-Azhar membangun dan mengimplementasi sistem manajemen internasional ISO 9001:2015 & ISO 21001:2018 dapat berdampak positif dan memberikan manfaat untuk menyehatkan budaya organisasi pendidikan. Adapun manfaat secara umum untuk organisasi pendidikan, yaitu:

1) Meningkatkan tanggung jawab sosial bagi Diniyyah Al-Azhar sebagai organisasi pendidikan dengan cara menyelenggarakan pendidikan bermutu yang inklusif dan adil untuk seluruh peserta didik.
2) Menyeimbangkan kegiatan organisasi pendidikan dengan visi dan misi serta kebijakan Diniyyah Al-Azhar.
3) Berguna sebagai alat yang tepat untuk mengevaluasi peningkatan efisiensi dan efektivitas pelayanan Diniyyah Al-Azhar.
4) Meningkatkan proses pembelajaran di Diniyyah Al-Azhar dengan cara pemantauan berkelanjutan.
5) Meningkatkan kredibilitas Diniyyah Al-Azhar sebagai organisasi pendidikan.
6) Menstimulasi inovasi dan keunggulan Diniyyah Al-Azhar.
7) Menyelaraskan standar nasional dengan kerangka kerja berkelas internasional menuju kualitas Diniyyah Al-Azhar berstandar Internasional.
8) Meningkatkan partisipasi dari pihak-pihak yang memiliki kepentingan dengan Diniyyah Al-Azhar.
9) Mempromosikan peluang belajar sepanjang usia dan edukasi mandiri di Diniyyah Al- Azhar.
10) Meningkatkan komitmen organisasi Diniyyah Al-Azhar.

Tidak berhenti di situ saja, ISO 9001:2015 & ISO 21001 Tahun 2018 juga memberikan manfaat dari segi bisnis Diniyyah Al-Azhar, di antaranya adalah:


a) Meningkatkan rasa percaya publik terhadap Diniyyah Al-Azhar sebagai organisasi pendidikan karena mempunyai kualitas pendidikan berstandar internasional.
b) Meningkatkan reputasi bagi Diniyyah Al-Azhar karena berhasil memenuhi kepuasan peserta didik beserta penerima manfaat lainnya.
c) Meningkatkan kualitas pendidikan Diniyyah Al-Azhar dan daya saing dengan praktik terbaik di sektor pendidikan yang dijamin oleh global. (*)

Penulis adalah: Dosen UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang ditunjuk Yayasan Diniyyah Al-Azhar untuk mengkoordinir Quality Assurence

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: