Pj Walikota Jambi Pimpin Rapat TPID dan Satgas Pangan, Upaya Pengendalian Inflasi di Kota Jambi

Pj Walikota Jambi  Pimpin Rapat TPID dan Satgas Pangan, Upaya Pengendalian Inflasi di Kota Jambi

Pj Walikota Jambi Pimpin Rapat TPID dan Satgas Pangan, Upaya Pengendalian Inflasi di Kota Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Upaya pengendalai inflasi di Kota Jambi, terus dilakukan Pemkot Jambi dan jajarannya.

Jumat pagi (1/3/2024) Pj Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih memimpin Rapat Gabungan TPID dan Satgas Pangan tahun 2024.

Seusai memimpin rapat tersebut, Sri Purwaningsih menyebutkan, hal ini untuk mempersiapkan langkah-langkah yang harus dilakukan.

“Tim Satgas Pangan ini memastikan bahwa ketersediaan pangan di Kota Jambi stok aman dan harga terkendali. Serta akses masyarakat mudah untuk mendapat kan,” katanya.

Sri juga menyebutkan, ada beberapa hal yang disinggung dalam rapat tersebut. Yakni, dalam menghadapi bulan suci ramadan, tentu akan ada situasi-situasi yang tidak normal.

“Misalnya ada penimbunan-penimbunan atau pangkalan-pangkalan gas yang kosong, jadi kami sudah sampaikan bahwa, Satgas Pangan harus melakukan stabilitas, distribusi maupun persediaan di lapangan,” jelasnya.

Fluktuasi komoditas pangan menjadi tantangan tersendiri dalam pengendalian inflasi di daerah.

Terutama menjelang momen tertentu seperti Ramadan dan Idul Fitri, langkah-langkah kongrit dan strategis sangat dibutuhkan untuk mengendalikan inflasi, terutama pada komoditas yang sedang bergejolak dipasaran. 

Seperti cabai merah yang sering menjadi andil penyumbang inflasi di kota Jambi.

Sebelumnya, gerakan Ayo Menanam Cabai juga telah dilakukan. Kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi solusi dalam menjaga daya beli masyarakat tetap terjangkau dan memastikan ketersediaan pasokan di Kota Jambi. 

Khusus bagi komoditas beras yang saat ini turut mengalami lonjakan kenaikan harga, juga TPID Kota Jambi berkolaborasi bersama Bulog Jambi, rutin menggelar Operasi Pasar setiap pekannya, tersebar di seluruh wilayah kecamatan dalam Kota Jambi.

Sri juga sebelumnya, bersama jajaran Forkompimda Kota Jambi juga melaksanakan pemantauan gudang komoditas pokok masyarakat, seperti Gudang Bulog dan Gudang Sri Murti Talang Bakung. (hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: