Musrenbang RKPD 2025 Kabupaten Tanjabtim Berlangsung Sukses

Musrenbang RKPD 2025 Kabupaten Tanjabtim Berlangsung Sukses

Bupati Tanjabtim H Romi Haryanto dan Wakil Bupati H. Robby Nahliyansyah saat pembukaan MUSRENBANG RKPD 2025 Kab. Tanjabtim-Foto: Ari/JEOrganizer-

MUARA SABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur telah sukses melaksanakan kegiatan MUSRENBANG (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Tahun 2024 dalam rangka penyusunan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Tahun 2025.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Bersama Muara Sabak pada Kamis 29 Februari 2024 itu, merupakan tahapan yang penting, karena pada tahapan ini menjadi awal dari rencana pelaksanaan program dan kegiatan tahunan, sekaligus akselerasi pencapaian misi visi  yang tertuang dalam Perda Kabupaten Tanjung Jabung Timur Nomor 2 tahun 2021, tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah kabupaten Tanjung Jabung Timur tahun 2021-2026.


Tamu dan undangan yang hadir --

Kegiatan ini juga membuka dan mencermati beberapa isu strategis dan permasalahan yang masih menjadi kendala dan tantangan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang dijadikan dasar dalam penentuan program dan kegiatan.

Kepala BAPPEDA Tanjung Jabung Timur, Drs Ali Fahruddin, MPA dalam laporannya mengatakan, keluaran yang dihasilkan dari MUSRENBANG RKPD Kabupaten Tanjung Jabung Timur tahun 2024 adalah bahan masukan bagi organisasi perangkat daerah dalam rangka penyusunan renja perangkat daerah tahun 2025, dalam upaya pemenuhan capaian misi daerah kabupaten tanjung tahun 2025.


Kepala BAPPEDA Tanjung Jabung Timur, Drs Ali Fahruddin, MPA-Foto: Ari/JEOrganizer-

MUSRENBANG RKPD 2025 ini juga diisi dengan penandatanganan berita acara MUSRENBANG RKPD Kabupaten Tanjung Jabung Timur tahun 2024.

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Timur H Romi Haryanto dalam kesempatan ini juga menghimbau semua pimpinan dan aparatur di perangkat daerah serta seluruh stakeholder untuk berpikiran terbuka, memiliki visi kedepan, terintegratif dan inovatif.

Perangkat daerah kata Romi harus mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur, dengan demikian diharapkan penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2025 akan lebih terarah, terukur dan akuntabel, serta menjawab isu-isu yang strategis yang ada serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat Tanjung Jabung Timur secara tepat dan strategis.


Bupati Romi Haryanto menerima penghargaan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Jambi atas prestasi Kabupaten Tanjung Jabung Timur sebagai Kabupaten dengan Pencapaian dan Peningkatan Indeks SPM Pendidikan TERBAIK di Provinsi Jambi, Tunta-Dok JetStar-

“Untuk itu semua, dibutuhkan sinergitas, kolaborasi, diskusi, serta proses panjang lainnya yang harus kita lalui, termasuk agenda pada hari ini yaitu Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD tahun 2024 dalam rangka penyusunan Rkpd tahun 2025,” lanjut Romi.

Diakui Romi pula, ini merupakan Musrenbang terakhir yang akan ia hadiri seiring dengan habisnya masa jabatannya sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur tahun 2024 ini.

Katanya memang tidak mudah membangun Tanjung Jabung Timur dengan karakteristik wilayahnya yang berbeda dengan kabupaten lai,  namun jika bertekad tinggi dan kompak, semua pasti bisa dimaksimal seperti yang telah berjalan dalam 10 tahun terakhir.


Talkshow MUSRENBANG RKPD 2025 bersama Wakil Bupati Tanjabtim H. Robby Nahliyansyah dan Pengamat Ekonomi Jambi Prof. Dr. H. Syamsurijal Tan, S.E. M.A dipandu host Dendy Denmar--

Banyak yang telah dilakukan Pemkab Tanjung Jabung Timur di semua sektor, dari pertanian, perikanan, listrik dan komunikasi, pariwisata dan banyak sektor lainnya.

Untuk Infrastruktur, jalan di Tanjabtim Kata Romi mengalami peningkatan banyak. Sebagai catatan hingga agustus 2023 tercatat 159,908 km dalam kondisi baik, kondisi sedang 66,873 km kondisi rusak ringan 410,37 km dan kondisi rusak berat 598,352 km atau 48.57%

Tanjung Jabung Timur juga memiliki 482 unit jembatan dalam kondisi baik, sedang, rusak ringan, dan kondisi rusak berat.

Menyadari keterbatasan kemampuan anggaran daerah, Pemkab Tanjung Jabung Timur kata Romi juga tak mau tinggal diam, berbagai upaya dilakukan.


Penandatanganan Berita Acara MUSRENBANG Kab. Tanjung Jabung Timur Tahun 2024 dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2025-Foto: Dok JEOrganizer-

Salah satunya, mendorong pihak swasta ikut berkontribusi memperhatikan infratruktur melalui dana CSR. Berkat intervensi Pemkab, perusahaan migas Petrochina juga telah membangun jalan rigid beton, tahun 2021 sepanjang 3 km, tahun 2023 1.9 Km dan tahun 2024 akan dibangun lagi 6 Km.

Tanjabtim kata Romi juga menjadi Kabupaten Pertama di Provinsi Jambi yang berhasil mendapatkan dana inpres untuk infrastruktur jalan sepanjang 9,65 Km.

Berbicara soal angka Kemiskinan di Tanjung Jabung Timur, juga telah berhasil diturunkan cukup drastis.

Bahkan Kabupaten Tanjabtim mendapat penghargaan kehormatan dari Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, yang diterima langsung di Istana Negara pada 9 November 2023 lalu, untuk kategori: kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2023.


Nurjanah Pangeran,ST,S.Si,MT, Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah BAPPEDA Provinsi Jambi saat memaparkan tentang penurunan kemiskinan ekstrim di Tanjabtim-Foto: Ari/JEOrganizer-

Kemudian pada bidang lingkungan, Tanjung Jabung kata Romi juga mendapat pengakuan dunia melalui Ramsar’s Award dari Konvensi Ramsar yang diselenggarakan di Jenewa Swiss, anugerah yang diterima yaitu Wetland City Accreditation. Hanya 24 kepala daerah dunia yang dapat penghargaan ini.

Pengakuan internasional ini diraih karena Pemkab Tanjabtim telah berhasil mengintegrasikan manajemen konservasi dan keberlanjutan lahan basah, dengan pembangunan berkelanjutan, yang dilaksanakan untuk mengejar kesejahteraan masyarakat Tanjung Jabung Timur.
Tema Pembangunan Tanjabtim 2025

Adapun tema Pembangunan Tahun 2025 yang diusung Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur adalah :  Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

Dialog dan Penghargaan

Acara Musrenbang RKPD 2025 Tanjabtim ini juga diisi dengan dialog/musyawarah bersama Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur H Robby Nahliyansyah SH dan Pengamat Ekonomi Jambi Prof. Dr. H. Syamsurijal Tan, S.E. M.A.

Ikut memberikan pemaparan yaitu Nurjanah Pangeran,ST,S.Si,MT, Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda Provinsi Jambi menyampaikan arah kebijakan pembangunan Provinsi Jambi Tahun 2025.

Kemudian juga dilakukan penandatanganan berita acara Musrenbang, Penandantanganan Perjanjian Kinerja tahun 2024, Penandatanganan MoU dengan stakeholder yaitu Kantor Bahasa Provinsi Jambi dan Yayasan Gajah Sumatera.


Penandatanganan MOU Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur dengan Kantor Bahasa Provinsi Jambi dan Yayasan Gajah Sumatera -Foto: Dok JEOrganizer-

Pemberian Penghargaan kepada stakeholder yang mendukung program Desa Ekspor Tanjung Jabung Timur yaitu Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Nipah Panjang,  Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi, Balai Karantina Hewan, Ikan Dan Tumbuhan Jambi, Kantor Pengawasan Dan Pelayanan, Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean B Jambi, PT.Guntara Bandar Gemilang dan CV Pemula Jaya.


Pemberian Penghargaan kepada stakeholder yang mendukung program Desa Ekspor Tanjung Jabung Timur -Foto: Dok JEOrganizer-

Juga diserahkan sertifikat hak atas tanah bagi pelaku usaha mikro Tanjung Jabung Timur hasil kerjasama kementerian Koperasi dan UMKM dan Kementerian ATR/BPN dan difasilitasi oleh Pemkab Tanjabtim.


Penyerahan sertifikat hak atas tanah bagi pelaku usaha mikro Tanjung Jabung Timur hasil kerjasama kementerian Koperasi dan UMKM dan Kementerian ATR/BPN dan difasilitasi oleh Pemkab Tanjabtim. -Foto: Dok JEOrganizer-

Dalam momen ini, Bupati Romi Haryanto juga menerima penghargaan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Jambi atas prestasi
Kabupaten Tanjung Jabung Timur sebagai Kabupaten dengan Pencapaian dan Peningkatan Indeks SPM Pendidikan TERBAIK  di Provinsi Jambi, Tuntas Muda Menjadi Tuntas Pratama

Hadir dalam kegiatan kemarin Pimpinan dan anggota DPRD Tanjabtim, kepala instansi vertical, seluruh perangkat daerah di lingkup pemerintah, para camat, kepala desa, lurah, ketua BPD, pimpinan perusahan, organisasi profesi dan tokoh masyarakat, insan pers serta LSM. (*)


Kepala bersama staf BAPPEDA Tanjung Jabung Timur foto bersama usai kegiatan MUSRENBANG RKPD 2025 kemarin (29/2/2024)-Foto: Dok JEOrganizer-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: