Raih 5 Kursi, Gerindra Bakal Tempati Wakil Ketua 2 DPRD Bungo

Raih 5 Kursi, Gerindra Bakal Tempati Wakil Ketua 2 DPRD Bungo

Ketua DPC Gerindra Bungo Rachmad Fadli Bersama Sekretaris Agus Fatah Yasin--

MUARA BUNGO, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Partai Gerindra Kabupaten Bungo berhasil meraih 5 kursi dalam Pileg yang digelar 14 Februari lalu.

Meskipun turun dari posisi Ketua DRPD Bungo, tetapi jumlah kursi malah bertambah. Dari semula empat kursi, di Pemilu kali ini naik menjadi lima kursi.

Menurut Ketua DPC Gerindra Bungo, Rachmad Fadli, raihan lima kursi tersebut berdasarkan data DA1 pleno kecamatan di masing-masing Dapil.

“Dari data kita, baik C1 maupun DA1, kita sah dapat 5 kursi di empat Dapil. Hanya dapil IV yang kita belum berhasil meraih kursi. Dapil lainnya, kita isi semua,” sebut Rachmad Fadli, Rabu (28/02/2024).

Fadli merinci, lima kursi itu diraih oleh Darwandi di Dapil 1 Bungo dengan jumlah suara partai sebanyak 3.364 dan berhak atas kursi ke-8 dari 9 kursi keseluruhan.

Kemudian Jumari Ari Wardoyo di Dapil 2 dengan raihan suara partai sebanyak 5.556 dan berhak atas posisi kursi ketiga.

Di Dapil ketiga ini menjadi penyumbang suara terbanyak partai sekaligus menyumbang dua kursi dengan total 7.077 suara partai.

Betapa tidak, Dapil 3 dengan empat kecamatan itu, Gerindra berhasil membawa dua kader terbaik mereka duduk di kursi dewan. Dedi Hardani berhasil duduk di kursi pertama, kemudian Dedet Jumico berhasil meraih kursi ke enam atau kursi terakhir dapil Batang Bungo ini.

Kemudian di Dapil lima, Yazid berhasil menduduki kursi ke-enam dengan total suara partai 3.069 suara.

“Ini data berdasar data DA1. Artinya tidak akan ada perubahan hingga pleno KPU. Seharusnya begitu. Tentu kita akan pertahankan data yang ada dengan kita. Kursi yang menjadi hak Gerindra akan terus kita kawal dan pertahankan,” tegas Fadli. 

Khusud Dapil peraih dua kursi di Dapil III, Fadli menyebutkan dari data DA1 pleno empat kecamatan, Partai Gerindra berhasil meraih total 7.077 suara.

Terdiri dari suara Gerindra di Bungo Dhani sebanyak 1.666 suara, di Kecamatan Muko-muko Bathin VII 3.126 suara, Rantau Pandan berjumlah 1.632 dan Bathin III Ulu sebanyak 653 suara.

Dari total 7.077 suara Gerindra, dengan metode bagi sainte lague, maka Partai Gerindra berhak atas kursi kedua atau kursi terakhir Dapil tiga dengan 2.359 suara dan diraih Dedet Jumico.

Selisih suara partai itu terlihat 55 suara lebih tinggi dari Partai PAN yang meraih 2.304 suara dan 74 suara dari Partai Golkar dengan 2.285.(aes)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: