Info Haji 2024, Kemenag Jambi Lakukan Tes Petugas Haji Daerah

Info Haji 2024, Kemenag Jambi Lakukan Tes Petugas Haji Daerah

Kemenag Jambi Lakukan Tes Petugas Haji Daerah--

JAMBI, JAMBIE$KSPRES.CO.ID- Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), menggelar tes Petugas Haji Daerah Tahun 1445H/2024M pada Selasa (30/1) di Aula Haratulisan Asrama Haji.

Tes ini diikuti oleh 39 orang peserta, terbagi dalam 21 Layanan Umum, 12 Layanan Kesehatan dan 6 Layanan Ibadah. Para Calon Petugas Haji Daerah mengikuti serangkaian ujian dengan Computer-Based Test (CAT) dan Wawancara.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H. Wahyudi menjelaskan, seleksi petugas haji ini memanfaatkan sistem CAT dan Wawancara. Proses pengusulan kurikulum terpadu memastikan integrasi petugas haji daerah dengan ketua kloter serta integrasi layanan ibadah dan kesehatan dengan pembimbing dan dokter kloter.

Wahyudi juga menekankan dalam tugasnya nanti, pentingnya keseragaman atribut petugas haji daerah dan petugas haji kloter yang sudah tidak berbeda lagi.

"Komitmen petugas dalam melayani jemaah adalah hal yang utama, jadi nantinya diharapkan tidak ada yang Tanazzul," tegasnya.

Kakanwil,H. Zoztafia, membacakan sambutan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof. Hilman Latief, MA, Ph.D menyoroti pentingnya seleksi terbuka dan kompetitif untuk mendapatkan petugas haji yang berkualitas. Seleksi ini dianggap penting dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445H/2024M, dengan harapan munculnya calon petugas haji yang memiliki dedikasi, loyalitas, dan profesionalisme.

"Kepada peserta untuk menjaga kewaspadaan dan sportifitas selama seleksi. Bagi yang tidak terpilih, diingatkan agar tidak berkecil hati, sementara bagi yang terpilih diharapkan untuk terus memperkuat ekosistem pelayanan bagi jemaah Indonesia," jelas Kakanwil.

Kakanwil juga menyampaikan rasa syukur kepada Menteri Agama Republik Indonesia, H. Yaqut Cholil Qoumas, yang memperjuangkan tambahan kuota Jemaah Haji Indonesia sebanyak 20.000 dan peningkatan layanan kepada jemaah salah satunya transformasi digital dalam layanan.

"Dengan penekanan pada keseragaman tugas antara Petugas Haji Daerah dan Petugas Haji Kloter, serta ucapan terima kasih kepada bidang Haji yang memfasilitasi seleksi, Seleksi ini diharapkan memberikan gambaran positif terhadap individu yang berkompeten untuk menjadi petugas haji," tutup Kakanwil. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: