Tim U-20 Indonesia Menyerah 2-3 dari Uzbekistan, Indra Sjafri Fokus Pada Proses Pengembangan

Tim U-20 Indonesia Menyerah 2-3 dari Uzbekistan, Indra Sjafri Fokus Pada Proses Pengembangan

Tim U-20 Indonesia Menyerah 2-3 dari Uzbekistan, Indra Sjafri Fokus Pada Proses Pengembangan--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Tim nasional U-20 Indonesia harus mengakui keunggulan Uzbekistan dengan skor 2-3 pada laga uji coba internasional yang digelar di Stadion Madya, Jakarta, pada Selasa (30/1).

Meskipun menampilkan variasi permainan yang baik, Garuda Nusantara belum mampu memperoleh hasil positif. Sebelumnya, mereka juga menelan kekalahan 1-2 dari Thailand dalam laga uji coba sebelumnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Jumat (26/1).

Pelatih Timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri, mengungkapkan bahwa dalam dua laga uji coba internasional ini, mereka sudah mencoba 27 pemain dari total 30 pemain yang ada.

Hanya sekitar 17 pemain yang dapat menjadi bagian skuad U-20. Ia juga menyoroti fokus pemain di akhir babak dan menunjukkan kekurangan koordinasi dan komunikasi yang menyebabkan gol dari Uzbekistan.

"Dua laga uji coba internasional ini (melawan Thailand dan Uzbekistan), kami sudah mencoba 27 pemain untuk dimainkan. Dari 30 pemain yang ada, lebih kurang baru 17 pemain yang bisa jadi bagian skuad U-20," kata Indra Sjafri.

"Kami juga melihat di dua laga uji coba ini terkait fokus pemain di akhir babak. Terus tadi gol kedua dari Uzbekistan karena tidak adanya mungkin koordinasi dan komunikasi, dan orang yang melakukan umpan silang, tapi bola masuk ke gawang, jadi hal-hal kecil seperti itu," tambahnya.

Meski demikian, Indra Sjafri memberikan jaminan bahwa timnya akan terus berkembang untuk mencapai performa yang lebih baik. Menurut pelatih berusia 60 tahun itu, proses pengembangan tim muda membutuhkan waktu.

"Dan ya mungkin tim ini baru berproses, dan saya bisa pastikan tim ini akan lebih baik dari waktu ke waktu, dan tim muda memang butuh proses dan waktu, kecuali tim-tim yang usia 23 tahun, kalau U-20 ini labil, oleh sebab itu saya dan tim pelatih sangat berhati-hati mencoret dan memilih mereka," jelas Indra Sjafri.

"Nanti di FIFA Matchday bulan Maret kita akan melakukan TC lagi dan saat ini tim akan berlanjut melakukan pemusatan latihan sampai 10 Februari untuk nanti memastikan ada satu atau dua laga uji coba lagi," pungkasnya.

Tim U-20 Indonesia diproyeksikan akan berkompetisi dalam Piala AFF U-19 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Selain itu, mereka berharap dapat lolos ke Piala Dunia U-20 2025 di Chile. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: