3 Simbol Kegigihan Pembangunan Tol Jambi

3 Simbol Kegigihan Pembangunan Tol Jambi

Beberapa lokasi Tol Jambi di Tempino-Bayung Lencir sudah mulai dibeton, salah satunya di Sungai Jerat Pelangki Muaro Jambi-Foto: Tangkap Layar Akun Lensa Youtuber-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Pembangunan Tol Jambi-Betung seksi Tempino-Bayung Lencir terus bergulir.
 
Bukan persoalan mudah melaksanakan proyek ini, karena Tol Jambi membelah hamparan tanah lunak yang berada di Kawasan rawa-rawa.
 
Kepala Badan Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Jambi, Ibnu Kurniawan mengatakan, musim penghujan adalah tantangan berat bagi kontraktor yang bekerja di lapangan.

Ketika hujan datang, pekerjaan di tanah lunak akan langsung stop karena semua pekerja tak bisa bergerak sama sekali, namun saat hujan reda, semua langsung ngebut kerja sesuai target.

Komitmen untuk bisa mengerjakan Tol Jambi mengarah ke Bayung Lencir Sumsel sepanjang kurang lebih 15 kilometer ini, masih menjadi pegangan pemerintah hingga saat ini dengan pihak pengembang yang dalam hal ini yaitu Hutama Karya.

Ibnu juga mengungkapkan, simbol kegigihan pembangunan Tol Jambi ini juga bisa dilihat dari progres pekerjaan yang terus bergulir. Diantaranya:

1. Land Clearing Hampir Rampung

Pembersihan lahan untuk Tol Jambi-Bayung Lencir ini sudah hampir rampung. Demikian dikatakan Kepala Satker Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Provinsi Jambi, Beni Kristiawan baru-baru ini.

Dari 15,43 kilometer betangannya, pembukaan lahan sudah lebih dari 80 persen. Lahan yang dibersihkan mulai dari kebun sawit, kebun karet, rumah warga, termasuk kawasan rawa.

Khusus untuk tanah lunak, terbentang di sekitar 7 kilometer trase tol.

2. 1900 Tiang Pancang Telah Terpasang

Hal lain yang paling menonjol dari simbol kegigihan pembangunan Tol Jambi ini adalah, sudah terpasangnya 1900 tiang pancang di trase jalan Tol Jambi dari target 3400 tiang pancang pada seksi 3 ruas Bayung Lencir-Tempino atau yang lebih dikenal dengan nama Tol Baleno.

3. Ruas Tol Mulai Dibeton

Ruas Tol Jambi seksi Mestong-Bayung Lencir ini juga telah mulai dibeton rigid. Beberapa lokasi terlihat kini sudah selesai dibeton diantaranya di Seksi 2 di Kawasan Simpang Medak Mekar Jaya, kemudian di Seksi 3 Sungai Jerat Pelangki dan Senawar Jaya dan Seksi 1 di KM 20 Sebapo.

Jalan tol Tempino-Bayung Lencir ini merupakan bagian seksi 3 Tol Betung-Jambi dari proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Khusus untuk 15 kilometer pertama ini, ditargetkan rampung pada pertengahan 2024 mendatang.

BACA JUGA:15 Menit dari BIM Inilah Penampakan Gerbang Tol Padang-Sicincin Terkini

Tentang Tol Betung-Tempino

Tol Betung-Tempino total panjangnya adalah 169 Km. Pembangunan jalan bebas hambatan ini dibagi empat seksi yakni, seksi 1 Betung – Tungkal Jaya (61,55 km), seksi 2 Tungkal Jaya – Bayung Lencir (55,73 km), seksi 3 Bayung Lencir – Tempino (33,05 km) dan seksi 4 Tempino – Sp Ness (18,97 km).

BACA JUGA:Keren! Jambi Pecah Telur Punya Tol Pertama Tanpa Putus 8 Jam Sampai Lampung

Kehadiran Tol Baleno nantinya akan mendekatnya jarak Jambi ke provinsi tetangga Sumsel dan juga akan menyambung tiada putus hingga ke Lampung.

Sehingga perjalanan Jambi ke Bakeuheni Lampung jika semua sudah rampung, hanya akan menghabiskan waktu tempuh sekitar 8-9 jam perjalanan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: