Wah Ini Penampakan Print Nota Ngisi BBM Pesawat 10 Ribu Liter Avtur Pertamina

Wah Ini Penampakan Print Nota Ngisi BBM Pesawat 10 Ribu Liter Avtur Pertamina

Nota pengisian Avtur dari Pertamina untuk maspakai--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Beli BBM untuk motor dan mobil di SPBU Pertamina? Itu mungkin sudah biasa, notanya juga mudah diperoleh, semua kita pasti pernah melihatnya.

Namun pernahkah anda melihat bagaimana penampakan nota beli BBM Pertamina Avtur untuk sebuah pesawat terbang?.

Pastinya hanya orang tertentu saja yang pernah melihatnya. Apalagi membeli avtur adalah tugas orang-orang tertentu yang bekerja untuk perusahaan maskapai penerbangan.

Nah penasaran bentuk nota yang diterima maskapai usai mengisi BBM pesawatnya?

Bentuk Nota

Ternyata begini bentuk nota membeli avtur Pertamina untuk pesawat terbang.   Cek gambar di bawah ini.

Nota ini diunggah oleh seorang istri pilot bernama Monique di akun TikTok @croimon. Foto Nota Pertamina itu ia terima dari sang suami saat tugas terbang di bandara.

Paling atas nota, tercantum logo Pertamina yang ada ikon anak anak panah menggambarkan aspirasi organisasi Pertamina untuk senantiasa bergerak ke depan, tulisan PERTAMINA jelas sekali.


Nota pengisian Avtur dari Pertamina untuk maspakai-Foto: TikTok @croimon- 

Nota ini tidak berwarna, hanya hitam putih. Kemudian ada tulisan ‘Delivery Receipt’ dan diikuti dengan nomornya.

Pada nota juga mencantumkan tanggal dan lokasi pengisian yang menyebut nama bandara sebagai lokasinya, misalnya Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Juga tercantum IATA atau kode bandara CGK yang menyatakan kode bandara Soetta.

Maskapai apa yang mengisi BBM, juga tercantum di nota, dalam kolom Costumer: PT Lion Mentari Airlines dan nomor costumernya.

Tak hanya sekedar nama perusahaan maskapai, namun nota ini juga merinci type aircraft, flight number dan flight type dan tujuan penerbangan.

Nota juga merinci service type: fuelling, produk yang digunakan, JetA1, parkirnya dimana dan operatornya siapa.

Juga dirinci jam berapa mulai pengisian dilakukan dan jam berapa selesai pengisian BBM dan total berapa menit pengisian avtur dilakukan.

Hampir sama dengan nota mengisi BBM kendaraan di SPBU biasa, di nota itu juga tercantum jumlah avtur yang diisi pesawat.
 
Mengagetkan, ternyata sebuah pesawat sejenis Lion Air type JT530, pengisian BBM nya bukan sedikit, bisa mencapai 10 ribu liter, tepatnya 10.403 liter.

Nota BBM Avtur itu juga mencantumkan tanda tangan petugas yang mewakili Pertamina dan tanda tangan pihak costumer dalam hal ini Lion Air.

Apa Itu BBM Pesawat atau Avtur?

Bahan Bakar Minyak (BBM) pesawat atau Avtur singkatan dari Aviation Turbine Fuel (AVTUR) atau secara Internasional lebih dikenal dengan nama Jet A1 merupakan  bahan bakar yang digunakan untuk pesawat terbang jenis jet.

Avtur adalah minyak dari perut bumi dengan spesifikasiyang diperketat, terutama mengenai titik uap, dan titik beku.

Jet A1 adalah jenis avtur yang paling sering digunakan untuk bahan bakar pesawat di seluruh dunia karena memenuhi standar ASTM, standar spesifikasi Inggris DEF STAN 91-91, dan NATO Code F-35.

Warna avtur cerah sampai kekuningan. Terdiri dari campuran sejumlah hidrokarbon yang berbeda, kemungkinan ribuan lebih.

Kisaran ukurannya (berat molekul atau nomor karbon) dibatasi oleh persyaratan untuk produk, sebagai contoh, titik beku atau titik asap.

Tentang Avtur Pertamina dan Harganya

Pertamina menyediakan produk dan layanan yang berkualitas guna memenuhi kebutuhan konsumen akan produk di Sektor Penerbangan, Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk Industri & Perkapalan, dan Petrokimia.

Mengutip dari situs resmi onesolution.pertamina.com, disebut Pertamina memasok bahan bakar pesawat bermesin turbin atau disebut Avtur (Jet A-1).


Pertamina melakukan pengisian avtur di Bandara Soekarno Hartta-Foto: Dok Pertamina-

Pertamina selalu memastikan kualitas dan penanganan bahan bakarnya dalam setiap tahap pemindahan produk mulai dari kilang sampai dengan ke pesawat sesuai dengan standar manual Joint Inspection Group (JIG).

Jet A-1 sudah terdaftar pada TSCA EINECS/ ELINCS dan AICS serta tersertifikasi OSHA 29 CFR 1910.1200.

BACA JUGA:Tindakan Citilink Terhadap Pramugari dan Pilot yang Viral Gara-gara ‘Chatting Kondom’

Berapa harga avtur jenis Jet A-1? berdasarkan data resmi pertamina, harga di setiap bandara berbeda-beda berdasarkan daerahnya.

Misal di Bandara APT Pranoto Samarinda pada Jumat 29 Desember 2023 adalah Rp8.815,89 per liter, sementara di Bandara Fatmawati Soekarnoputri Bengkulu harganya Rp8.790,91 per liter, harga juga bisa berubah pada waktu-waktu tertentu.  (*)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: