Sampah di Kota Jambi Jadi Persoalan, Pj Diminta Aktif Tangani Soal Sampah

Sampah di Kota Jambi Jadi Persoalan, Pj Diminta Aktif Tangani Soal Sampah

Sampah di Kota Jambi Jadi Persoalan, Pj Diminta Aktif Tangani Soal Sampah--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Persoalan sampah di Kota Jambi kini menjadi sortan banyak pihak. Pasalnya tumpukan sampah terjadi dibeberpaa titik tempat pembuangan sampah (TPS), hingga menimbun badan jalan. 

Pada siang hari pemandangan tumpukan sampah itu masih terlihat disejumlah wilayah Kota Jambi, diantaranya di wilayah Jambi Selatan.

Anggota Fraksi PDIP DPRD Kota Jambi Junedi Singarimbun turut menyorot masalah tersebut. Ia mengatakan, beberapa lokasi TPS kata dia banyak menjadi keluhan masyarakat, seperti  ada penumpukan sampah, di depan sekolah Xavirius 1 Kota Jambi.

"Itu kita lihat menumpuk. Banyak lagi titik lain, sampah sampai memumpuk di badan jalan. Penjabat Walikota Jambi harusnya aktif masalah sampah ini," katanya.

Junedi menilai, terjadi pemunduran dalam penanganan sampah di Kota Jambi dari masa kepala daerah sebelumnya.

"Biasanya sampah tidak ada masalah, sekarang sampah menjadi masalah di Kota Jambi," ujarnya.

Lanjut Juendi, apa yang menjadi maslah pada smapah ini harus cepat disikapi dan dicarikan solusi.

"Jangan sampai masyarakat menganggap saat masa Pj ini tidak ada memikirkan maslah yang terjadi di Kota Jambi," sebutnya

"Pj itu harus jalan, fungsi walikota harus dijalankan. Minimal harus turun ke kecamatan-kecamatan melihat persoalan yang terjadi di masyarakat," tambahnya.

Sebelumnya Sekda kota Jambi, A Ridwan  angkat bicara terkait persoalan sampah ini. Kata Ridwan, hal ini tentu menjadi evaluasi bagi pihaknya.

Kata dia, khusus Kecamatan Telanaipura dan Jambi Selatan penanganan sampah sudah sepenuh nya diserahkan ke masing-masing kecamatan.

"Nanti jika ini sukses maka akan ditiru kecamatan lainnya," ujarnya.

Sebab, dengan beralihnya penanganan sampah ke kecamatan sebut Ridwan, akan memudahkan rantai penanganan sampah di Kota Jambi. Sehingga tidak bergantung sepenuhnya dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi.

"Jadi kita inginkan peran di Kecamatan, mulai dari mensosialisasikan hingga memberdayakan masyarakat dalam hal penanganan sampah," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: