BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo Gelar Kegiatan Aktivasi Pasar Kerja Keras Bebas Cemas

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo Gelar Kegiatan Aktivasi Pasar Kerja Keras Bebas Cemas

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo Gelar Kegiatan Aktivasi Pasar Kerja Keras Bebas Cemas--

MUARA BUNGO, JAMBIEKSPRES.CO.ID - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo melaksanakan kegiatan aktivasi pasar Kerja Keras Bebas Cemas, yang berpusat di Lapangan Semagor Pasar Muara Bungo, Jum'at (15/12/2023).

Pps. Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Muara Bungo, Dimas Agung Ibrahim, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan bagi masyarakat pekerja ekosistem pasar, atau pekerja informal, akan pentingnya manfaat dan program BPJS Ketenagakerjaan.

Dimas enyebut, kegiatan serupa, juga dilakukan secara bertahap di 122 Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Aktivasi pasar ini dengan tujuan memberikan edukasi dan sosialisasi manfaat tentang BPJS ketenagakerjaan yang sasarannya adalah teman-teman di ekosistem pasar, khususnya masyarakat pekerja di sektor informal atau BPU, para pedagang pasar dan sebagainya yang belum terlindungi, dan disini kita menyediakan kanal daftar," jelas Dimas.

Dimas menerangkan, ada dua pilihan program, untuk terproteksi program Jamsostek yakni, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Peserta cukup membayar iurannya sebesar Rp16.800 per bulan. Selain itu, pekerja informal juga bisa melengkapi sekaligus dengan tiga program yaitu ditambah program Jaminan Hari Tua (JHT) dengan total iuran hanya Rp36.800.

Dengan kegiatan yang diselenggarakan itu, Sambung Dimas, sebagai salah satu bukti komitmen BPJS Ketenagakerjaan untuk merangkul lebih banyak lagi pekerja khususnya sektor informal agar memiliki jaring pengaman atas risiko-risiko pekerjaannya melalui Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Pada prinsipnya, apapun pekerjaannya, semua bisa daftar jadi peserta, karena seluruh pekerja berhak atas perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan BPJamsostek.

"Harapannya program ini bisa diterima oleh masyarakat, dan masyarakat sadar bahwa akan pentingnya dari jaminan sosial ketenagakerjaan, sehingga masyarakat dapat memahami betul bahwa negara itu hadir dalam bentuk jaminan sosial yang dikelola melalui BPJamsostek," tukasnya.(aes)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: