Mantap! UNJA Raih Penghargaan Abdidaya PPK Ormawa terbaik dari Direktorat Belmawa Kemendikbud Ristek

Mantap! UNJA Raih Penghargaan Abdidaya PPK Ormawa terbaik dari Direktorat Belmawa Kemendikbud Ristek

Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Universitas Jambi (UNJA) berhasil membawa dua medali terbaik, yakni terbaik 3 sistem pendukung Perguruan Tinggi (PT) Kategori Perguruan Tinggi Terinovatif dan terbaik 2 tim pelaksana Kategori SDG'S terkuat yakni Tim PPK Ormawa Imatika FKIP UNJA.

Acara penganugerahan tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Belmawa Kemendikbud Ristek dan dilaksanakan di Universitas Jember pada 7-10 Desember 2023.

Kegiatan ini diikuti para tim terbaik PPM Ormawa se-Indonesia, yakni 178 Tim PPK Ormawa, 78 Perguruan Tinggi, 60 Dosen Pembimbing dan 9 Mitra PPK Ormawa.


Mahasiswa Tim PPK Ormawa Imatika FKIP UNJA--

Abdidaya merupakan penghargaan dan apresiasi Ditjen Dikti terhadap tim PPK Ormawa yang telah dengan maksimal melaksanakan program ini di lapangan. Melaksanakan pengabdian masyarakat di tengah masyarakat di desa binaan. Program ini diikuti oleh organisasi kemahasiswaan dari seluruh PT di Indonesia, yang tahun ini terpilih 600 judul yang dibiayai oleh Ditjen Dikti.

Acara tahunan itu berlangsung meriah dan sukses diisi dengan berbagai kegiatan sejak malam pembukaan, stand PPK Ormawa, expo, seminar lokakarya, sarasehan, dan malam puncak penganugerahan yang dilaksanakan pada Sabtu, 9 Desember 2023. Dalam penilaian oleh tim reviewer Ditjen Dikti terdapat beberapa bidang, seperti perguruan tinggi, Ormawa, tim pelaksana, dosen pendamping dan mitra dengan beberapa kategori serta unsur penilaian masing-masing.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jambi (UNJA), Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., mengatakan, Abdidaya merupakan puncak kegiatan PPK Ormawa (dulu namanya PHP2D), di mana kegiatan organisasi kemahasiswaan UNJA diuji lewat berbagai kegiatan di masyarakat melalui kegiatan positif. Ormawa di UNJA selama ini telah berhasil bertransformasi dari kegiatan yang rutin menjadi kegiatan yang punya nilai di masyarakat. 

“Hasil kegiatan Abdidaya di Jember memberikan bukti bahwa eksistensi Ormawa UNJA masih berlanjut dengan prestasi prestasi terbaiknya. Ini adalah tahun ke 3 UNJA berhasil memperoleh penghargaan dari Abdidaya. Tahun 2021, UNJA menerima penghargaan sebagai support sistem terbaik ke 2 Nasional, Tahun 2022 UNJA menerima penghargaan support sistem terbaik ke 3, tahun ini di Jember kembali UNJA menerima penghargaan juara 3 Nasional PT Terinovatif. Suatu hal yang amat membanggakan kami sebagai pengelola kemahasiswaan. Terima kasih kepada rektor, semua wakil dekan atas kerjasamanya,” sebutnya.

Semanatara itu, Prof. Dr. Supian, S.Ag., M.Ag selaku Ketua Tim PPK Ormawa UNJA mengatakan bahwa UNJA sudah melakukan persiapan dengan mengirim 16 judul proposal yang kemudian beberapa judul didanai oleh Ditjen Dikti dan lolos ke Abdidaya PPK Ormawa 2023. "Dari 16 judul proposal kemudian terpilih 5 judul, sedangkan yang lolos ke Abdidaya PPK Ormawa 2023 sebanyak 2 judul yakni dari tim PPK Ormawa Imatika FKIP dan tim PPK Ormawa Humanis FKIP Universitas Jambi," ucapnya.

Prof. Supian sangat bersyukur atas capaian prestasi ini. Ia berharap semoga dengan prestasi ini di tahun yang akan datang dapat lebih baik lagi. "ini adalah hasil kerja keras pimpinan UNJA dalam hal perguruan tinggi terinovatif dan hasil kerja keras anak-anak tim PPK Ormawa dalam tim pelaksana SDG'S Terkuat. Kita berharap semoga dengan prestasi ini di tahun yang akan datang dapat lebih baik lagi, lebih banyak lagi tim PPK Ormawa UNJA yang lolos ke pendanaan Ditjen Dikti yang direncanakan dilaksanakan di Universitas Udayana, Bali," tutupnya. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: