Prof. Arna Suryani Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Keuangan Universitas Batanghari

Prof. Arna Suryani Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Keuangan Universitas Batanghari

Prof. Arna Suryani Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Keuangan Universitas Batanghari --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Guru besar di Universitas Batanghari bertambah. Teranyar, Dosen sekaligus Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Batanghari Jambi, Prof. Dr. Hj. Arna Suryani, SE, M Ak, AK, CA dikukuhkan sebagai Guru Besar pada bidang Ilmu manajemen Keuangan Universitas Batanghari Jambi.

Bertempat di Aula Abdurrahman Sayoeti Kampus Unbari, Selasa 5 Desember 2023. Pengukuhan dipimpin oleh Pj Rektor Prof.Dr.Herry, SE, MBA.

Dalam rangka pengukuhan itu, Prof. Arna menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul Oportunistic Manajemen dalam Kecurangan Laporan Keuangan di Kementerian/Lembaga Indonesia.

Ia mengatakan, judul tersebut dipilihnya karena dilatarbelakangi sering ditemukan fenomena kecurangan pada laporan keuangan yang mengakibatkan pihak pemakai laporan keuangan merasa dirugikan.


Foto Bersama--

"Kecurangan merupakan salah satu hambatan penting bagi perkembangan ekonomi organisasi, karena melemahkan hukum, membuat kepercayaan pada organisasi menjadi rendah," katanya memaparkan orasi ilmiah.

Prof.Arna menyadari pengangkatan sebagai guru besar merupakan amanah, kewajiban, tanggung jawab, jihad akademik sebagai seorang dosen. "Guru Besar merupakan jabatan akademik tertinggi, namun bukanlah titik akhir tujuan sebagai dosen. Pengangkatan guru besar justru menjadi tantangan baru dalam pengembangan ilmu profesi sebagai dosen untuk berkontribusi optimal mengembangkan, menjaga keberlanjutan institusi dan pendidikan tinggi," terangnya.

Sang guru besar Unbari ini mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak, keluarga dan semua yang mendukungnya dalam meraih gelar profesor ini.

Hadir dalam pengukuhan ini, pejabat Kementerian Ristek Dikti seperti Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X, Afdalisma, S.H,M.Pd. Dalam kata sambutannya, Afdalisma mengucapkan selamat atas pengukuhan Prof.Arna. "Selamat mencapai guru besar, ini gelar tertinggi yang dimiliki seorang dosen," terangnya.

Ketua LLDIKTI Wilayah X menyampaikan, istimewanya Surat Keputusan (SK) Guru Besar Prof. Arna diberikan langsung oleh Direktur Kelembagaan Kemendikbud pada pekan lalu di Kantor LLDIKTI Wilayah X. "Ini pengalaman pertama LLDIKTI Wilayah X menyerahkan SK Guru Besar langsung dari Direktur Kelembagaan, selamat buk Profesor," ucap Afdalisma.

Diungkapkan oleh Afdalisma, di LLDIKTI Wilayah X dari 9.445 orang dosen baru 72 orang yang berhasil capai jabatan tertinggi Guru Besar. Dari jumlah Profesor itu, 50 orang dosen bersatus Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), dan 22 orang dosen dengan jabatan Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK). "Dan di Unbari ada 2 orang Guru Besar satu NIDK dan satunya NIDN, ini prestasi luar biasa dan mudah-mudahan dosen di 47 Perguruan Tinggi Swasta ada yang menyusul menjadi guru besar," terang Afdalisma. (aba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: