Target 92 Persen Jalan Mantap, BPJN Jambi Peringati Hari Jalan Tahun 2023

Target 92 Persen Jalan Mantap, BPJN Jambi Peringati Hari Jalan Tahun 2023

HARI JALAN: Gubernur Jambi Dr.H.Al Haris,S.Sos,M.H. dan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Jambi Kementerian PUPR RI Ibnu Kurniawan, ST saat mengecat marka jalan di kawasan RB Siagian Pasir Putih dalam rangka Hari Jalan.--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Jambi Kementerian PUPR RI memperingati hari jalan tahun 2023. Menjadi spesial karena instansi di bawah Ditjen Bina Marga tinggal menghitung waktu menuju capaian target 92 Persen jalan nasional dalam kondisi Mantap pada tahun 2023 ini.

Adapun kegiatan Hari Jalan dengan tema "Mewujudkan Digitalisasi Infrastruktur Menuju Kontruksi Jalan yang Andal dan Berkelanjutan" itu diperingati di halaman kantor BPJN Jambi di kawasan RB Siagian, Pasir Putih, Kota Jambi Senin (4/12/2023)

Hari jalan yang bertujuan sebagai pelecut penyelenggara jalan agar bekerja keras dan berinovasi ini dihadiri dan dibuka oleh Gubernur Jambi Dr.H.Al Haris,S.Sos,M.H. Rangkaian hari jalan sendiri sudah dimulai pada pertengahan November lalu. 

Kepala BPJN Wilayah Jambi Ibnu Kurniawan, ST yang juga ketua penyelenggara kegiatan ini berpesan, tujuan acara untuk memperingati hari jalan yang diperingati bersama pada 20 Desember. "Hari jalan ini sebagai pelecut penyelenggara jalan dan jembatan lebih keras dan berinovasi," tegasnya.

Ibnu memaparkan,  BPJN Jambi pada 2023 dianggarkan Rp2,6 Triliun, untuk penanganan jalan nasional sepanjang 1.320 kilometer (km). Dengan jenis penanganan rehab minor sepanjang 26,8 km. Rehab mayor 16,5 km, rekonstruksi 6,8 km dan pembangunan jalan tol 15,47 km. 

Ibnu menjelaskan untuk kemantapan Jalan di tahun 2022 semester dua sebanyak 87 persen. Dan pihaknya terus mengejar peningkatan jalan di tahun 2023 ini. "Untuk tahun 2023 pada semester 2 harapannya bisa mencapai 92 persen, yang dimana saat ini sudah 91 persen, atau tinggal 1 persen dari target," jelas Ibnu.

Begitupin untuk 2024, kata Dia, harusnya naik karena tersedia dana penanganan Preservasi jalan. Meski demikian ia tak menampik ada kendala penanganan jalan seperti karena jalanan yang masih dilalui angkutan batu bara. 

"Jalan nasional masih banyak dilalui angkutan Batu Bara dan diperlukan manajemen jalan lalu lintas. Ini lantaran baru berapa menit ditutup untuk perbaikan kemacetan sudah panjang terjadi, tapi untuk di lokasi lainnya tidak terlalu besar kendala yang dihadapi," terangnya.

Ditambahkan Ibnu, selain penanganan jalan nasional, BPJN juga menangani jalan inpres sepanjang 51 km dengan anggaran hampir Rp400 Miliar. "Dimana pekerjaan sampai saat ini sudah hampir 80 persen termasuk jalan inpres yang didatangi langsung oleh Pak Presiden RI," katanya.

Sementara itu Gubernur Jambi Dr.H.Al Haris, S.Sos, MH saat membuka acara menyampaikan ucapan selamat dan apresiasinya kepada penyelenggara jalan. 

"Kita harap teman Balai Jalan terus berkinerja baik, kami tetap mengawal dan membackup kerja teman sekalian. Selamat hari jalan ,dan semoga bisa bertambah baik lagi kedepannya pemerintah memperhatikan jalan di Provinsi Jambi," ucap gubernur.

Al Haris menambahkan, program Presiden RI juga sangat banyak membantu Jambi seperti melalui Inpres Jalan Daerah. "Karena jika melalui dana APBD yang minim tak mungkin kita kerjakan, tapi melalui dana Inpres maka bisa dikerjakan. Kita bersyukur dan terimakasih banyak ke pemerintah," terang Al Haris.

Masih kata Al Haris, yang  tak kalah penting pihaknya terus mesinergikan agar program pemerintah pusat dan provinsi sejalan.  "Ketika dibenahi jalan nasional, maka hakan dibenahi juga jalan Provinsi dan Kabupaten.  Kalau salah satunya belum maka kita belum sepenuhnya melayani masyarakat, kita saling berkolaborasi kedepannya agar semua jalan semakin baik kedepannya," sebut Al Haris.

Pada puncak hari jalan di Provinsi Jambi itu juga ada kegiatan bakti sosial, penanaman pohon yang dilakukan oleh Gubernur Jambi dan pejabat undangan lainnya. Juga ada pemberian hadiah untuk pemenang Lomba karya tulis yang diadakan BPJN Jambi. Serta acara ditutup dengan pengecetan median jalan oleh Gubernur Jambi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: