Meningkat, UIN STS Jambi Kembali Raih Rangking di UI Greenmetric World University Rangking 2023

Meningkat, UIN STS Jambi Kembali Raih Rangking di UI Greenmetric World University Rangking 2023

Meningkat, UIN STS Jambi Kembali Raih Rangking di UI Greenmetric World University Rangking 2023--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - UIN STS Jambi telah membuktikan eksistensinya sebagai universitas yang berkelanjutan (sustainable) dengan berbagai pencapaian di World University Ranking. 

Kali ini UIN STS Jambi Kembali mencetak prestasi dengan meraih peningkatan ranking di UI GreenMetric World University Ranking.

Ranking UIN berhasil meningkat dari ranking 29 dari 100 Perguruan Tinggi se-Indonesia pada tahun 2022 menjadi ranking 27 dari 145 Perguruan Tinggi se Indonesia pada tahun 2023 yang dianugerahkan secara langsung di Makkasar pada 30 November 2023 dan berhasil mempertahankan peringkat ke 2 dibawah Kementerian Agama RI. 

Selain itu, hasil pemeringkatan di tahun 2023 ini mempertegas kampus UIN STS Jambi masih menjadi kampus peringkat pertama yang paling sustainable di Provinsi Jambi.

Prestasi yang terus meningkat ini tidak lepas dari komitmen dari Pimpinan Rektor UIN STS Jambi periode 2019-2023, Prof. Dr. H. Su'aidi, M.A., Ph.D., Plt. Rektor UIN STS Jambi 2023, Prof. Dr. Abu Rokhmad, M.Ag., Wakil Rektor 1 bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Rofiqoh Ferawati, S.E., M.E.I dan seluruh Pimpinan Rektorat, Pascasarjana dan Dekan Fakultas, Ketua Lembaga, Ketua Pusat, dan Seluruh Civitas Akademika UIN STS Jambi untuk terus bergerak maju menuju kampus yang berkelanjutan. 

Dengan dukungan dan kerja keras dari berbagai pihak, UIN STS Jambi berhasil meraih peringkat 27 sebagai salah satu kampus paling berkelanjutan dari total 145 kampus yang mengikuti pogram UI GreenMetric World University Ranking di tahun 2023 ini.

Penganugrahaan peringkat secara dunia akan dilakukan pada 5 Desember secara langsung di Dubai. Tentu saja ini menjadi antusias kami terhadap peringkat UIN STS Jambi secara Internasional di UI GreenMetric World University Ranking.

Peringkat Universitas Dunia UI GreenMetric adalah peringkat kampus hijau dan keberlanjutan lingkungan yang diinisiasi oleh Universitas Indonesia pada tahun 2010. 

Melalui 39 indikator dalam 6 kriteria, Peringkat Universitas Dunia UI GreenMetric secara hati-hati menentukan peringkat berdasarkan komitmen dan inisiatif lingkungan universitas. Pada tahun 2023, terdapat penambahan indicator penilaian jika dibandingkan dengan tahun 2022. 

Penilaian UI GreenMetric ini menitikberatkan pada kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pada Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian kolaborasi Dosen dan Mahasiswa, dan Pengabdian kepada Masyarakat kolaborasi dosen dan mahasiswa.

UIN dengan bangga mempersembahkan hasil yang sangat luar biasa ini untuk terus menjadi motivasi bagi UIN untuk terus melakukan perubahan menjadi kampus yang lebih baik menjadi kampus hijau yang berkelanjutan di masa depan. 

Pencapaian ini mewakili keinginan kuat UIN untuk terus terlibat dalam penanggulangan perubahan iklim global selaras dengan 17 Sustainable Development Goals sebagai panduan untuk mencapai masa depan yang lebih baik bagi semua.

Pencapaian UIN STS Jambi sejak pertama kali bergabung di pemeringkatan UI GreenMetric yaitu pada tahun2020 peringkat 40 di Indonesia, dan peringkat 485 di Dunia pada tahun 2021 peringkat 34 di Indonesia dan peringkat 316 di Dunia. 

Pada tahun 2022 peringkat 29 di Indonesia, dan peringkat 261 di Dunia. Pada tahun 2023 peringkat 27 di Indonesia, dan peringkat di dunia akan diumumkan pada tanggal 5 Desember di Dubai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: