Fakultas Pertanian UNJA Lakukan Pengabdian Masyarakat, Pemetaan Potensi Desa Pematang Gajah

Fakultas Pertanian UNJA Lakukan Pengabdian Masyarakat, Pemetaan Potensi Desa Pematang Gajah

Fakultas Pertanian UNJA Lakukan Pengabdian Masyarakat, Petakan Potensi Desa Pematang Gajah--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pentingnya ketersediaan peta potensi desa dan pengetahuan aparat pemerintah desa tentang peta, maka Fakultas Pertanian Universitas Jambi menggelar Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan pada Bulan Juli hingga Oktober 2023. 

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat dan  sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ketua Tim Pengabdian, Dr. Ir. Heri Junedi, M.Sc.,mengatakan, kegiatan ini diawali dengan sosialisasi, penyuluhan, Focus Grup Discussion, bimbingan teknis. Output akhir kegiatan yaitu Peta Potensi Desa. Acara pengabdian dipusatkan di Desa Pematang Gajah Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi.

“Kegiatan ini penting dilaksanakan guna memberikan pemahaman yang baik kepada aparatur desa dan pengelola bumdes tentang peta, tahap pembuatan peta dan aplikasi yang digunakan,” jelas Dr. Ir. Heri Junedi, M.Sc.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya penyediaan database spasial pada tingkat desa yang dapat membantu program pemerintah pusat. Ketersediaan informasi potensi desa menjadi kunci keberhasilan pembangunan di desa. Sebelum melaksanakan pengabdian, kita lakukan observasi awal untuk mendapatkan gambaran umum fisik lahan Desa Pematang Gajah. 

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada hari Selasa (1/8) yang dikuti peserta Aparat Pemerintah Desam Kepala Dusun, Ketua RT, Ketua Badan Pemerintah Desa dan Pengelola BUMDES sebagai mitra program pengabdian. 

Dalam kegiatan pengabdian ini, Tim Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Jambi menghasilkan Peta Potensi Sumberdaya Lahan Desa Pematang Gajah yang dapat dipergunakan sebagai alat bantu komunikasi di desa terkait perencanaan penggunaan lahan. 

Tim melakukan survei lapangan dengan arahan aparat pemerintah desa. Survei lapangan dilakukan untuk pengumpulan data-data yang dibutuhkan terkait kegiatan pemetaan.

Setelah survei lapangan dilakukan, tim berdiskusi dengan mitra terkait isi peta yang akan dicetak. Tim pengabdian mendapatkan masukan-masukan agar peta yang dihasilkan lebih sempurna. 

Tim pengabdian ini terdiri atas Ketua Tim, Dr. Ir. Heri Junedi, M.Sc. dan anggota-anggota tim yaitu: Dr. Ir. Mohd. Zuhdi, M.Sc., Dedy Antony, SP. M.Si. Ph.D, Ir. Arsyad AR, M.S. dan Ir. Agus Kurniawan M., S.P., M.Si. 

“Kami mengucapkan terimakasih kepada tim pengabdian Fakultas Pertanian yang telah melakukan pemetaan Desa Pematang Gajah sekaligus memberikan tambahan wawasan kepada aparat pemerintah desa dan pengelola BUMDES tentang pengetahuan peta. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini, saat ini Desa Pematang Gajah telah memiliki peta terbaru.” ujar Kepala Desa Pematang Gajah, H. Rohmat. (uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: