Mahasiswa UNJA Ciptakan Masker Alami dari Bonggol Nanas dan Biji Pinang

Mahasiswa UNJA Ciptakan Masker Alami dari Bonggol Nanas dan Biji Pinang

Mahasiswa UNJA Ciptakan Masker Alami dari Bonggol Nanas dan Biji Pinang--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Tim Mahasiswa Universitas Jambi (UNJA) yang tergabung dalam tim Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) berhasil menciptakan Khunca Mask inovasi masker wajah alami berbahan dasar Bonggol Nanas (Ananas Comosus) dan Biji Pinang (Areca Catechu).

Sebagai komoditi unggulan dari Provinsi Jambi dan mendapatkan pendanaan sebesar 19.800.000 yang telah tercantum pada SK Nomor 2701/UN21/KM/2023 yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tim Kuncha Mask pun berhasil meraih juara harapan 2 dari 350 peserta se Indonesia yang mengikuti KMI Expo Singaraja Bali pada tanggal 15-17 Nopember 2023 di Universitas Ganesha Bali.

Tim ini diketuai oleh Olivia Ardana yang beranggotakan Jenifer Arda Kurnia Mendrofa (Prodi Agribisnis), Jenifer Arda Kurnia Mendrofa (Prodi Akuntansi), Ralph Oliver Narado (Prodi Psikologi), Prasetyo Nurhidayat (Prodi Manajemen), Ainun Nahda Aulia Nasution (Prodi Manajemen). Mereka didampingi oleh dosen pembimbing, Istiqomah Malinda S.B, S.E., M.M.

Tim tersebut menemukan jalur yang lebih inovatif dengan memanfaatkan potensi alam yaitu dengan memanfaatkan bonggol nanas dan biji pinang. Olivia Ardana menjelaskan latar belakang munculnya inovasi ini berawal dari ide yang tercetus tahun lalu.

“Jadi khunca mask ini dulunya berawal dari ide yang tercetus tahun lalu tepatnya pada bulan Maret 2022 untuk dimasukkan dalam lomba bisnis plan tingkat Provinsi yang membawa tema produk unggulan Jambi. Lalu lanjut untuk diikutkan ke tingkat nasional di bulan Oktober 2022 dan di sinilah kami merasa bahwa ide Khunca Mask sudah layak untuk diimplementasikan. Saat diimplementasikan ternyata dananya masih banyak kekurangan dan kami memutuskan untuk ikut pendanaan P2MW tahun ini. Setelah melalui berbagai tahap, Alhamdulillah lolos pendanaan dan kami baru masif mengembangkan usaha sejak Juli 2023 ini,” jelasnya.

Menurut Olivia Ardana terdapat filosofi nama Khunca Mask yaitu diambil dari gabungan nama latin Nanas ( Ananas Comosus) dan Pinang ( Areca Catechu).

“Nanas mengandung enzim bromelain dan vitamin C yang baik untuk wajah sedangkan pinang memiliki kandungan zat tanin yang mampu menyamarkan penuaan dini dan menangkal radikal bebas. Kombinasi tersebut menjadikan Khunca Mask sebagai masker wajah yang berfungsi sebagai anti acne, menjaga kekencangan dan kelembaban kulit wajah serta mencerahkan kulit kusam,” tambahnya.

Khunca Mask memiliki banyak manfaat yaitu mengandung vitamin C sebagai anti acne, menyembuhkan jerawat lebih cepat, menyamarkan jerawat dan bekas luka, mengharumkan dan melembabkan kulit wajah, mencerahkan wajah kusam, menjaga kekencangan dan elastisitas kulit, mengecilkan pori-pori wajah, dan menangkal radikal bebas.

Perbedaan dengan produk lain yaitu Khunca Mask produk yang unik dan inovatif dan aman digunakan semua kulit wajah serta harganya yang terjangkau, belum ada produk seperti Khunca Mask. Dengan adanya produk ini dapat meningkatkan nilai ekonomi dari nanas dan pinang serta membantu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat lokal Provinsi Jambi. Kedepannya tim ini berharap bisa menciptakan produk turunan dari Khunca Mask. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: