Medan-Kisaran Hanya 2 Jam, Medan-Danau Toba 1,5 Jam, Dua Tol Trans Sumatera Ini Beroperasi

Medan-Kisaran Hanya 2 Jam, Medan-Danau Toba 1,5 Jam, Dua Tol Trans Sumatera Ini Beroperasi

Medan-Kisaran Hanya 2 Jam, Medan-Danau Toba 1,5 Jam, Dua Tol Trans Sumatera Ini Beroperasi-BPJT-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Dua ruas baru Jalan Tol Trans Sumatera telah dioperasikan sejak 10 November 2023 yakni Jalan Tol Indrapura - Lima Puluh sepanjang 15,6 Km dan Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura sepanjang 28,5 Km juga mulai beroperasi.

Pengoperasian kedua ruas tol tersebut telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1401/KPTS/M/2023 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Indrapura – Kisaran Seksi Indrapura – Lima Puluh serta Kepmen PUPR Nomor 1518/KPTS/M/2023 tanggal 25 Oktober 2023 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi – Junction Indrapura dan seksi 2 Segmen Junction Indrapura – Simpang Susun Indrapura.

Selain itu, kedua ruas tersebut juga sebelumnya telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada tanggal 22 – 25 Agustus 2023 dan telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) dengan dikeluarkannya Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada tanggal 8 September 2023 untuk Jalan Tol Indrapura - Lima Puluh dan untuk Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura pada tanggal 19 September 2023.

Pengoperasian kedua Jalan Tol tersebut sudah bisa digunakan masyarakat dan belum bertarif, namun pengguna diwajibkan untuk melakukan tapping kartu uang elektronik (e-Money) di gerbang tol.

Jalan Tol Indrapura - Lima Puluh merupakan bagian dari Seksi 1 Jalan  Tol Indrapura -  Kisaran yang nantinya akan menghubungkan sentra produksi peningkatan perekonomian bagi masyarakat pada wilayah yang terkoneksi, khususnya dari daerah wilayah Medan menuju Kisaran dan sekitarnya dengan mempercepat waktu tempuh yang biasanya sekitar 4 jam menjadi 2 jam. 

Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura merupakan bagian dari Seksi 1 Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (Kutepat) yang nantinya nakan mendukung akses dari Medan ke Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba dari yang awalnya 3,5 jam perjalanan menjadi 1,5 jam saja. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: