Jawab Harapan Masyarakat 20 Tahun Jalan Rusak, Progres IJD Simpang Tangkit Baru-Kumpeh Ulu Lebihi Target

Jawab Harapan Masyarakat 20 Tahun Jalan Rusak, Progres IJD Simpang Tangkit Baru-Kumpeh Ulu Lebihi Target

Pekerjaan Jalan Yang Ditangangi Melalui Skema Inpres Jalan Daerah (IJD) ruas Simpang Tangkit Baru - Kumpeh Hulu Ditargetkan Rampung Desember 2023--

"Hingga akhir oktober pekerjaan sudah 44 persen dan awal November 2023 sudah 50 persen lebih karena telah dimulai pengaspalan yang dimulai dari Kecamatan Kumpeh Ulu nanti barub berujung di Tangkit Baru (Tugu Nanas)," katanya.

Ngadiran menjelaskan dalam pekerjaan pengasapalan tak akan menutup seluruh jalan lantaran dikerjakan sebagian ruas. Sehingga masyarakat bisa melalui sisi jalan lainnya. 

Ditambahkan Ngadiran, kondisi awal jalan berlubang parah. Digunakan skema penimbunan, perataan dan pemadatan lalu dilakukan penghamparan agregat. "Setelah agregat siap baru diaspal, dengan awalnya jalan mempunyai lebar 4 meter saat dikerjakan dengan IJD menjadi 6 meter. Kami optimalkan untuk percepatan pekerjaan di dua bulan tersisa ini," sebutnya.

Kondisi progres jalan yang sudah melebihi target diakui oleh Konsultan supervisi pengawasan pekerjaan dari PT. Diantama Rekanusa Candra Eka Putra. "Saat ini sudah lebih dari target ya. Progres sudah 50 persen dan on the track, pengaspalan uji coba sudah dilakukan 300 meter di ujung (Kumpeh Ulu), selanjutnya akan dilakukan pengaspalan dua lapis, dan melihat ini akan sudah,"  jelasnya. 

Terpisah, pengawas lapangan dari PPK 1.4 Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah 1 BPJN Jambi Walidi menyatakan dari rencana target 23 -28 Oktober senilai 39,73 persen realisasinya sudah 42,754 persen. "Atau deviasi pekerjaan positif 2, 981," terang Walidi.

Ia mengatakan, ruas jalan Simpang Tangkit Baru- Sungai Gelam merupakan sentra produksi vital bagi distribusi komoditas nanas petani setempat. Untuk pekerjaan ini sepanjang 3,5 kilometer atau 3,500 meter. Dengan anggaran Rp23.101 Miliar yang bersumber dari APBN BPJN Wilayah Jambi pada Satker PJN 1. Dalam pekerjaan ini juga terdapat penanganan drainase di samping jalan yang turut diperhatikan. (aan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: